laporan keuangan adalah hasil akhir dari proses pencatatan transaksi keuangan suatu perusahaan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan tersebut pada satu periode akuntansi dan merupakan gambaran umum mengenai kinerja suatu perusahaan.

Proses penyusunan financial statement menggunakan berbagai sumber data, mulai dari faktur, bon, nota kredit, laporan, bank dan lain sebagainya. Semua data asli transaksi keuangan tersebut digunakan untuk mengisi buku perkiraan dan sebagai bukti keabsahan transaksi.

Manfaat Laporan Keuangan Bagi perusahaan juga penting, Minimal ada 3 Manfaat dari laporan keuangan antara lain:

  1. Untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan dapat membantu suatu perusahaan sebagai bahan evaluasi dan perbandingan dampak keuangan yang terjadi akibat dari suatu keputusan ekonomi.
  2. Untuk membantu perusahaan dalam menilai dan memprediksi pertumbuhan bisnis di masa depan. Dengan adanya informasi keuangan, maka suatu perusahaan dapat menilai bagaimana kondisi perusahaan di masa sekarang dan meramalkan kondisi perusahaan di masa mendatang.
  3. Untuk menilai aktivitas pendanaan dan operasi perusahaan. Informasi mengenai kondisi keuangan juga dapat membantu suatu perusahaan dalam menilai aktivitas investasi dan kemampuan operasional perusahaan tersebut pada satu periode tertentu.

Untuk menyampaikan Semua Informasi keuangan keuangan yang dibutuhkan  maka digunakan laporan akuntansi yang dikenal sebagai laporan keuangan. Laporan keuangan suatu perusahaan secara umum terdiri dari empat Model yaitu neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas. Penjelasannya sebagai berikut.

  1.  Neraca

Laporan ini berupa daftar sistematis yang terdiri dari aktiva, utang, dan modal pada tanggal tertentu yang biasa dibuat pada akhir tahun. Daftar ini tergolong sistematis karena neraca disusun berdasarkan urutan tertentu.

Melalui neraca bisa diketahui jumlah kekayaan perusahaan, kemampuan perusahaan membayar kewajiban, dan kemampuan perusahaan untuk memperoleh tambahan pinjaman dari pihak luar. Selain itu, informasi tentang jumlah utang perusahaan kepada kreditur dan jumlah investasi pemilik yang ada di dalam perusahaan tersebut juga bisa diketahui.

  1. Laporan Laba Rugi

Laporan ini berupa ikhtisar tentang pendapatan dan beban suatu perusahaan untuk periode tertentu sehingga laba yang diperoleh atau rugi yang dialami bisa segera diketahui.

  1.  Laporan Perubahan Modal

Laporan ini menunjukkan perubahan modal untuk periode tertentu, yaitu  enam bulan atau satu tahun. Melalui laporan perubahan modal bisa diketahui berbagai penyebab perubahan modal selama periode tertentu.

  1.  Laporan Arus Kas

Laporan ini biasa digunakan oleh para pemakai laporan keuangan untuk mengevaluasi perubahan aktiva bersih perusahaan, struktur keuangan (termasuk likuiditas dan solvabilitas), dan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas pada masa mendatang.

Jumlah transaksi yang semakin meningkat dan perluasan area bisnis membuat dunia bisnis menjadi sangat kompetitif sehingga dibutuhkan suatu cara untuk meningkatkan performa kerja di masing-masing bidang termasuk bidang akuntansi. Para profesional di bidang akuntansi bertanggung jawab untuk membantu laporan manajemen dan pelaporan keuangan.

Menghasilkan laporan Keuangan secara realtime di Era Digital

Laporan keuangan bagi sebagian orang untuk membuatnya merupakan suatu yang awam tapi sesuatu yang sangat di perlukan, sebenarnya untuk dipelajari tidak sulit tapi harus mengetahui standarisasinya karena umumnya laporan keuangan bukan hanya untuk internal, tetapi bisa bisa untuk kepentingan Bank atau juga Pajak.

Membuat laporan keuangan di era digital cara cukup mudah dengan Menggunakan software akuntansi, ada yang berbasis desktop atau juga berbasis cloud. Keduanya sama-sama bisa menghasilkan laporan keuangan secara realtime dan juga printout laporan dan semua transaksi dengan cepat. Pengguna software akuntansi tidak perlu memahami jurnal secara detail karena sudah menggunakan standart PSAK dan transaksi yang di input semua sudah otomatis menjurnal.

Jika ingin mengetahui informasi mengenai software akuntansi bisa menghubungi saya di 0856-9771-4094 (WA)

Baca juga : Bagaimana cara sederhana untuk membuat laporan keuangan untuk Pajak