Bulan Februari tinggal beberapa hari lagi, menjelang hari kasih sayang tentu akan ada banyak orang yang memanfaatkan hari valentine untuk memberikan hadiah spesial untuk orang terkasih. Baik itu untuk istri, suami, pacar atau orang tua.

Nah, jangan hanya dimanfaatkan sebagai momen untuk mengungkapkan rasa sayang. Tapi manfaatkan juga momen hari kasih sayang ini sebagai peluang bisnis untuk menambah penghasilan kamu. Bisa dijadikan sebagai peluang bisnis musiman yang lumayan menguntungkan, modal dalam menyiapkannya pun tidak mahal kok.

Berikut beberapa contoh bisnis musiman yang menguntungkan di hari valentine:

1 . Cokelat

Memberi coklat adalah hal yang paling umum untuk dikaitkan dengan hari kasih sayang. Nah, jika punya bakat dalam membuat coklat, apalagi coklat dengan berbagai bentuk dan gambar hiasan menarik tentu saja jangan sampai menyia-nyiakan bakat tersebut untuk diri sendiri. Manfaatkan juga sebagai peluang bisnis musiman, terutama di hari kasih sayang nanti.

Jangan hanya stuck di desain coklat berbau hati atau bunga. Cobalah menghias coklat dengan referensi desain yang lebih menarik perhatian lagi, biar tidak kalah dengan toko cokelat lain yang tentunya akan lebih kreatif lagi dalam mendesain coklat edisi valentine.

2 . Bunga

Jika kamu memiliki hobi menghias bunga, atau floris kamu bisa mencoba membuat buket bunga untuk dijual di hari Valentine. Agar bisa lebih menarik, coba untuk memberikan beberapa contoh buket bunga yang pernah kamu buat. Jangan lupa coba berikan rekomendasi jenis-jenis bunga yang cocok untuk dijadikan diberikan sebagai hadiah di hari kasih sayang.

3 . Kartu Ucapan Valentine

Kartu ucapan biasanya akan selalu ada berdampingan dengan apapun pilihan kado valentine. Tapi tidak ada salahnya kan mencoba memanfaatkan kepopularitasan kartu ucapan romantis menjelang hari valentine nanti. Kamu yang jago mendesain bisa memanfaatkan skill tersebut untuk membuat kartu ucapan orisinil yang tentunya tidak dijual dimana-mana.

Agar lebih menarik, coba terima juga jasa custom, dimana pembeli boleh memberikan ide, konsep, warna hingga tulisan. Buat bentuk kartu ucapan tidak hanya persegi panjang, coba cetak dengan berbagai bentuk yang lucu seperti hati, bunga, bintang dan banyak bentuk menarik lainnya yang cocok dijadikan hadiah spesial di hari valentine nanti.

4 . Kaos Couple

Jika kamu punya kelebihan dalam mendesain gambar menarik, coba salurkan bakat tersebut untuk mendapatkan uang tambahan dengan menjadikannya peluang bisnis musiman di hari kasih sayang nanti dengan membuka bisnis jual sablon kaos couple.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah membuat contoh desain kaos couple kedalam beberapa template. Pamerkan di sosial media atau blog pribadi kamu, bisa juga langsung buka toko di e-commerce agar cepat laku. Biar lebih menarik berikan contoh desain unik hasil kreasi sendiri atau membuka jasa untuk desain custom yang langsung diminta dari calon konsumen sendiri.

 5 . Boneka

Jika kamu punya kelebihan atau hobi membuat kerajinan tangan boneka, maka kamu bisa menggunakan skill tersebut untuk bisnis musiman valentine. Nah, agar tidak sama dengan toko sebelah, cobalah untuk mendesain sendiri boneka yang akan kamu jual atau meminta pembeli untuk menentukannya sendiri.

Untuk memperlancar promosi bisnis ini, cobalah untuk memamerkan hasil boneka buatan sendiri di sosial media. Agar membuat orang semakin tertarik, cobalah untuk membuka jasa membuat boneka berkonsep couple. Berikan calon pembeli karakter berpasangan yang iconic dengan kustom bordir nama masing-masing dan pasangan untuk membuat kesan kado lebih romantis.

Demikian beberapa bisnis musiman yang menguntungkan dan bisa di manfaatkan di moment hari valentine. Bisnis yang menguntungkan juga jangan lupa harus di imbangi dengan membuat perencanaan seperti modal, budget dan menghitung keuntungan dengan menggunakan program accurate.

Program Accurate adalah program akuntansi yang digunakan oleh banyak bisnis Usaha kecil mikro menengah (UMKM) dan perusahaan skala nasional di indonesia. Lebih jauh infomamasi mengenai accurate dapat dilihat melalui video berikut.