Zaman Milenial begitu banyak perusahaan startup yang bermunculan, walahpun perusahaan ini masih dalam tahap pengembangan dan masih mencari pasar namun tidak bisa dianggap remeh, tentunya perusahaan start up membantu perekonomian Indonesia yang sedang berusaha untuk bangkit. Faktor anak-anak muda tidak bisa diangggap remeh sekarang ini. Majalah forbes sebuah majalah bisnis terkemuka merilis 30 list anak muda yang sukses di bawah umur 30 tahun, awal April 2019 lalu.

Ternyata dari 300 nama tersebut, ternyata ada 16 nama orang  Indonesia yang masuk dalam list Forbes: 30 under 30. Wow!

Dari 16 nama tersebut, 14 ternyata memiliki dan mengelola startup di Indonesia dalam berbagai bidang.

Kini, merangkum dari Crunchbase dan Forbes: 30 under 30Nextren mencoba merangkum 5 besar startup dengan nilai investasi terbesar.

  • Moka ($ 36,9 juta)

Haryanto Tanjo sebagai cofounder Moka masuk dalam Forbes: 30 Under 30.

Bersama Grady Laksmono ia mendirikan Moka, sebuah perusahaan startup yang bergerak dalam bidang retail dan kasir. Pada awal ia berdiri ia mendapat pendanaan sebesar $ 24 juta dari Sequoia India dan Asia Tenggara. Kini Moka sendiri memiliki nilai investasi $ 36,9 juta.

  • Warung Pintar ($35 juta)

Agung Bezharie, Harya Putra, dan Sofian Hadiwijaya adalah tiga pemuda di bawah 30 tahun yang bersama mendirikan Warung Pintar.

Warung Pintar adalah startup yang membantu usaha-usaha kecil untuk terus bergerak. Pada catatan Crunchbase, Warung Pintar memiliki nilai investasi sebesar $35 juta.

Menurut catatan Forbes, saat ini Warung Pintar sudah membantu hingga 1200 kios.

  • Everhaus ($35 juta)

Gitta Amelia, gadis berumur 23 tahun ini mendirikan Everhauspada 2017. Everhaus membantu perusahaan-perusahaan lain dengan menyediakan layanan finansial. Menurut Forbes, setidaknya saat ini Everhaus sudah memiliki nilai investasi sebesar $ 35 juta.

  • Payfazz ($ 21,1)

Hendra Kwik, Jefriyanto, dan Ricky Winata adalah pendiri startup yang bergerak di bidang finansial, PayfazzPayfazz menawarkan bantuan finansial bagi usaha kecil menengah.

Dengan platform mobilenya, mereka mampu membantu para pengusaha kecil untuk memperluas cakupan layanan jual mereka. Menurut catatan Crunchbase, Payfazz sudah memiliki nilai investasi sebesar $ 21,1 juta.

  • Kopi Kenangan ($ 8juta)

Siapa yang tidak kenal kopi satu ini? Dengan menggabungkan layanan delivery dan kopi, Kopi Kenangan mampu melayani ribuan konsumen.

James Prananto, cofounder berusia 29 tahun ini bekerja sama dengan Edward Tirtanata untuk mendirikan Kopi Kenangan. Siapa sangka, menurut catatan CrunchbaseKopi Kenangansudah memiliki nilai investasi dengan total $ 8 juta. Wow!

Itulah 5 startup Indonesia versi forbes 30, sangat luar Biasa kan anak-anak muda di Indonesia dengan ide segar dan lebih menonjolkan prestasinya untuk membantu ekonomi Indonesia.