Akun Ekuitas Untuk Saldo Awal Accurate Online

 

Akun Equitas Saldo Awal Accurate Online merupakan akun perantara yang otomatis dibuatkan oleh Accurate Online. Fungsi dari akun ini  di gunakan sebagai lawan akun atas transaksi saldo awal dari modul/data transaksi. Trabsaksi diinput di Accurate Online selama proses penginputan Saldo Awal. Dimana akun Equitas Saldo Awal ini seharusnya akan nol ( 0 ). Semua data transaksi saldo awal selesai diinput serta setelah proses Akhir Bulan per tanggal mulai dilakukan.

Baca juga : Begini cara trial accurate online secara gratis

Baca juga : Login dan trial accurate online di sini

Penjelasan Akun Ekuitas Saldo Awal

Ilustrasi : PT A sedang melakukan proses migrasi ke sistem Accurate Online per tanggal mulai di Accurate online adalah 31 Desember 2019. PT A menggunakan Laporan Neraca per 31 Desember 2019 sebagai data pedoman penginputan Saldo Awal di Accurate Online. Berikut ini Laporan Neraca PT A per 31 Desember 2019 :

Laporan Neraca PT A

Dikarenakan nilai Laporan Neraca seimbang antara Total Aset (Debit) dan Total Hutang & Modal (Credit), maka setelah selesai semua saldo data di-input di Accurate online, nilai akun Equitas Saldo Awal akan habis atau nol (0). Berikut ini jurnal hasil penginputan saldo awal atas semua data saldo akun pada Laporan Neraca PT A per 31 Desember 2019 :

  1. Penginputan Saldo Awal yang melawankan akun Equitas Saldo Awal pada posisi CREDIT pada jurnal transaksinya  => Dari penginputan saldo awal dibawah ini, maka akan didapat total saldo akun Equitas Saldo Awal pada posisi Credit sebesar Rp 10.000.000.
  2. Penginputan Saldo Awal yang melawankan akun Equitas Saldo Awal pada posisi DEBIT pada jurnal transaksinya => Dari penginputan saldo awal dibawah, maka akan didapat nilai total akun Equitas Saldo Awal di Debit sebesar Rp 10.000.000.

Dengan demikian setelah proses penginputan (impor) data transaksi saldo awal selesai dilakukan. Begitu juga dengan proses akhir bulan per tanggal mulai database. Saldo akun dari Equitas Saldo Awal akan habis atau nol (0).

Berikut ini tampilan nilai saldo akun Equitas Saldo Awal pada Laporan Rincian Buku besar di Accurate online :

 

Laporan Rincian Buku Besar Akun Equitaas Saldo Awal

Laporan Neraca PT A di Accurate Online