Awal Tahun dengan Software Accurate  adalah memulai pembukuan di awal tahun dengan program akuntansi terbaik. Peran akuntansi pada saat ini tidak dapat dipisahkan dengan peran akuntansi pada perusahaan guna memberikan informasi keuangan yang akurat, memonitor serta mengendalikan biaya yang dikeluarkan. Karena itu konsep akuntansi juga diperlukan sebagai pertanggungjawaban atas kegiatan operasional perusahaan secara internal dan eksternal, mengingat aktivitas perusahaan terkait erat dengan uang.

Di era modern saat ini dimana perkembangan teknologi melaju dengan pesat, maka turut mempengaruhi kebutuhan perusahaan akan informasi keuangan yang dapat disajikan dengan cepat pula. Untuk itu hadirnya software akuntansi akan mempermudah kinerja akuntan dalam mengelola laporan keuangan secara personal dan menyajikan informasi yang akurat.

Implementasi Software Akuntansi pada Perusahaan Dagang

Implementasi software akuntansi pada perusahaan dagang yang baru berdiri lebih mudah dijalankan dibandingkan dengan perusahaan yang sudah lama berjalan namun belum memiliki sistem yang terkomputerisasi, dan kemudian pada akhirnya memutuskan untuk menggunakan sistem komputerisasi. Pada umumnya, saat implementasi awal dilakukan beberapa tahapan seperti:

  1. Membuat data perusahaan
  2. Menentukan periode pembukuan
  3. Menentukan standar akuntansi
  4. Membuat data master di software akuntansi
  5. Menetapkan saldo awal
  6. Data transaksi
  7. Membuat laporan.

Bagi perusahaan yang baru dan menerapkan sistem yang terkomputerisasi, maka cukup mengikuti 7 tahapan diatas yang tidak membutuhkan waktu yang lama. Lalu bagaimana dengan perusahaan yang sudah lama berdiri kemudian ingin menerapkan sistem akuntansi yang terkomputerisasi?

Cara Menerapkan Program Akuntansi pada Perusahaan Yang Sudah Berjalan

Dibutuhkan waktu yang cukup lama jika sebuah perusahaan hendak melakukan implementasi ini, terlebih pada saat pembuatan saldo awal akun karena harus melakukan penelusuran satu per satu. Anda harus terlebih dahulu melakukan tutup buku akhir periode tahun berjalan, melakukan stok opname, rekonsiliasi kas, membuat jurnal penyesuaian, jurnal pembalik, dan menghitung laba. Setelah itu Anda menuangkannya dalam saldo awal akun, saldo awal persdiaan, saldo awal piutang dan saldo awal hutang. Beberapa data yang perlu di siapkan untuk memulai di database program akuntansi adalah:

1. Neraca di akhir tahun

Neraca di akhir tahun berfungsi menjadi saldo awal di database program akuntansi. Sebenarnya saldo awal ini bisa menyusul di kemudian hari jika belum selesai untuk tutup buku.

2. Nama Pelanggan dan Piutang

Anda perlu membuat ringkasan atau bisa juga merinci tagihan-tagihan yang belum selesai di akhir tahun.

3. Nama Pemasok dan Hutang

Daftar pemasok dan juga saldo hutang yang belum terbayar di akhir tahun perlu dimasukan ke dalam database program akuntansi.

4. Daftar Barang

Akhir tahun perusahaan biasanya melakukan stock opname untuk menghitung ulang barang yang benar-benar tersedia secara fisik digudang. Dengan begitu lebih mudah menjadi stok awal di program

5. Daftar chart of account

Program akuntansi tentunya tanpa COA tidak ada artinya namun bila anda belum punya jangan kuatir. Biasanya langsung disiapkan daftar akun standart didalamnya.

6. Asset Tetap

Asset tetap adalah penting bagi perusahaan karena nilainya yang cukup banyak dengan nilai yang besar. Accurate online membantu menghitung peenyusutannya secara otomatis.

Baca juga : Kelebihan dan keunggulan menggunakan accurate online

Salah satu program akuntansi yang direkomendasikan oleh perusahaan di indonesia adalah accurate online. Keuntungan menggunakan accurate online adalah sesuai standart akuntansi dan perpajakan Indonesia jadi sangat cocok digunakan. Accurate online adalah software akuntansi berbasis cloud yang dapat di akses melalui web dimana saja dan kapan saja. Accurate bisa membuat invoice ke pelanggan dan juga invoice masuk dari vendor dan juga mengontrol jatuh tempo hutang dan piutang. Dapatkan penawaran resmi accurate online sekarang dengan diskon 25% untuk pengguna baru. Bila ada yang belum  jelas atau mau ditanyakan bisa hubungi marketing di telephone atau wa di 0812-8434-1364.

 

PENAWARAN ACCURATE ONLINE