Cara Bisnis UMKM Bisa Berjalan di Tengah Wabah Corona

Sejumlah pelaku bisnis UMKM pasti kesulitan untuk mencapai target-target yang harus dicapai saat perekonomian nasional terganggu akibat Corona. Selain kesulitan mencapai target tertentu, pelaku bisnis biasanya urung melakukan ekspansi.

Mewabahnya Virus Corona membuat perekonomian lesu dan sulit melakukan penjajakan produk di dalam maupun ke luar negeri. Pelaku bisnis UMKM pasti punya cara supaya tetap eksis dan bisa bergerak untuk mulai proses ekspansi setelah wabah Virus Corona mulai reda.

Pasar yang lesu akibat dampak dari Virus Corona tidak mampu mendongkrak angka penjualan para pelaku bisnis UKM. Imbasnya pendapatan yang diterima pun tidak sesuai harapan. 

Hal ini menyebabkan keseimbangan keuangan perusahaan terganggu. Dampak terburuknya, bisnis yang dijalankan bisa saja gulung tikar akibat dana yang ada habis sebelum bisnis tersebut berkembang atau balik modal.

Menjalankan bisnis UKM saat perekonomian Indonesia terdampak Virus Corona sangat sulit.  Bahkan beberapa sektor usaha hampir mengalami kelumpuhan yang ujung-ujungnya mempengaruhi perekonomian negara dan menyebabkan perlambatan aktivitas ekonomi secara global.

Pada akhirnya, pelaku bisnis UKM harus memutar otak untuk menjaga kondisi perusahaannya agar tetap prima, tanpa perlu saling bertatap muka dan khawatir tertular Virus Corona. Untuk mengatasi persoalan ini, pelaku bisnis bisa menjalankan sejumlah cara agar bisnis tetap berjalan lancar di tengah ancaman resesi ekonomi akibat Corona.

Cashflow UMKM Terjaga dengan Sehat

Arus kas adalah salah satu unsur yang paling penting dalam berbisnis. Sehingga suatu bisnis harus mampu mengelola uang tunai secara optimal dan baik. Jika tidak maka risikonya bisnis yang Anda jalankan mengalami kebangkrutan. 

Untuk itu penting bagi Anda untuk menjaga kondisi arus kas agar tetap seimbang. Pengelolaan arus kas dapat menentukan hidup dan matinya bisnis Anda.

Misalnya dalam situasi seperti saat ini, pelaku bisnis rentan melakukan penagihan atau pembayaran secara langsung kepada mitra usaha. Pasalnya, hal itu bisa meningkatkan risiko terkena Virus Corona.

Namun pelaku usaha punya pilihan untuk membuat dokumen pernyataan penagihan atau pembayaran secara mudah. Faktur (invoice) dapat dikirim atau diterima otomatis melalui e-mail sebagai pemberitahuan resmi kepada mitra usaha untuk melakukan transaksi tanpa perlu bertemu pelanggan secara fisik.

Mengatur  Ulang Pendapatan dan Pangkas Anggaran Biaya

Mengatur anggaran biaya dalam bisnis adalah sebuah outline yang sengaja dibuat untuk mengorganisir bisnis mereka sesuai dengan budget atau pengeluaran yang diperlukan. Langkah ini perlu dilakukan terutama untuk mengevaluasi kinerja bisnis, apakah menguntungkan atau justru dalam posisi rugi.

Tidak hanya itu, membuat rencana anggaran biaya terbilang sangat penting dalam bisnis untuk mengkalkulasikan seluruh anggaran yang akan dilakukan dalam business plan di periode selanjutnya. Tanpa adanya rencana yang jelas, pengusaha akan merasa kesulitan untuk menentukan biaya modal yang akan digelontorkan dan target pendapatan yang ingin dicapai.

Di saat situasi ekonomi terpuruk akibat Virus Corona, pelaku bisnis harus benar-benar jeli dalam mengambil keputusan. Diperlukan strategi yang tepat demi kelangsungan usaha.  Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat pembukuan perusahaan yang rapi. Seluruh transaksi keuangan, baik pemasukan, pengeluaran, dan transaksi lainnya harus terdokumentasi dengan baik. 

Perhatikan Kondisi Stok Barang

Penyebaran Virus Corona yang semakin agresif membuat Anda perlu berpikir dua kali untuk mengunjungi gudang usaha secara langsung. Langkah alternatif yang perlu dilakukan adalah memeriksa status persediaan barang secara berkala melalui jarak jauh. 

Bekerja dan Monitor Usaha Dari Rumah dengan Accurate Online

Ditengan maraknya isu virus corona himbauan untuk bekerja dari rumah oleh pemerintah terus di sampaikan. Bagi pebisnis UMKM mungkin masih ada ketakutan untuk semua kegiatasn transaksi dan operasional bisa terhenti. Tapi tentu jawabannya tidak jika semua bisa dilakukan secara online, kegiatan keuangan seperti anggaran, kontrol stok, penerimaan uang dan semua yang berhubungan dengan transaksi keuangan bisa di monitor dengan satu software namanya accurate online.

Accurate online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memudahkan untuk perusahaaan untuk bekerja kapan dan di mana saja, karena software accurate online adalah berbasis cloud. Lebih jelas mengenai accurate online bisa hubungi marketing di 0812-8434-1364 .

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *