Cara Buat Invoice Tagihan Pelanggan dengan Cepat

 

Cara Buat Invoice Tagihan Pelanggan dengan Cepat adalah panduan bagaimana membuat faktur penjualan sebagai bukti penagihan untuk pembeli produk anda.  Invoice adalah dokumen atau rincian barang atau jasa yang di beli oleh konsumen anda. Umumnya setiap perusahaan atau pebisnis biasanya ada yang membuat tagihan ini lewat excel atau aplikasi. Bagi yang baru mulai usaha pasti masih bingung bagaimana membuat invoice tagihan dan bagaimana formatnya yang sesuai standart.

Cara buat Invoice tagihan Cepat dan Mudah

Berikut adalah panduan mudah cara membuat tagihan cepat dan mudah

1. Menggunakan Invoice Manual

Cara pertama adalah membuat faktur tagihan dengan cara manual menggunakan excel. Menggunakan cara manual ini kita harus membuat lebih dahulu bagan invoice dan bisa download contoh-contoh faktur yang sudah ada. Kekurangan ini adalah kita harus simpan data pelanggan anda di folder komputer. Mudahnya cara ini tanpa biaya yang harus kita keluarkan.

2. Manfaatkan Aplikasi pembuat Invoice

Di zaman kemajuan teknologi ini, semua dapat dilakukan melalui aplikasi dan serba instant. Di metode pembayaran misalnya, ada metode QRIS yang sangat memudahkan pembayaran. Dalam pembuatan faktur, hal yang sama juga terjadi. Kamu dapat menikmati kemudahan untuk menggunakan aplikasi pembuat faktur.

Dengan memanfaatkan aplikasi pembuat faktur, kamu hanya perlu memilih template invoice seperti apa yang diinginkan. Selain itu, hal yang perlu kamu lakukan hanyalah memasukkan seluruh data sesuai dengan template yang telah disediakan oleh aplikasi tersebut.

Kamu dapat menemukan berbagai aplikasi pembuat invoice yang menyediakan layanan tersebut secara gratis. Ada juga aplikasi pembuat faktur berbayar, namun tentu saja layanan yang diberikan melalui aplikasi berbayar akan memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk semakin memudahkan kamu dalam membuat faktur.

3. Menggunakan Software Akuntansi

Software akuntansi pada umumnya mempunyai fungsi utama untuk membuat laporan keuangan. Menggunakan program akuntansi juga mempunyai salah satu manfaatnya mencetak faktur penjualan. Keuntungan menggunakan aplikasi akuntansi ini adalah kalian mempunyai data pelanggan, history pelanggan dan invoice yang bisa langsung di cetak dan dikirim ke pelanggan. Kalian juga bisa kontrol atau membuat reminder tagihan piutang masing-masing pelanggan dan mencetak kwitansi pelunasannya.

Masih bingung mau menggunakan software akuntansi yang cocok dan tidak perlu mahal biayanya. Accurate online bisa menjadi referensi software akuntansi untuk bisnis pemula.

Tips memilih software akuntansi untuk bisnis usaha

3 Software akuntansi terbaik di Indonesia

Keuntungan Menggunakan Accurate Online untuk Usaha

Beberapa hal yang menjadi keunggulan dan manfaat menggunakan accurate online untuk bisnis usaha antara lain:

Coba Accurate Online gratis

1. Kontrol Persediaan

Pencatatan persediaan mempunyai beberapa tipe model bisnis yaitu apakah diakui sebagai persediaan atau langsung di akui sebagai beban. Accurate online mempunyai fitur persediaan dan gudang yang tujuannya untuk kontrol pergerakan mutasi barang dan juga cek stok masing-masing gudang.

2. Integrasi dengan Penjualan dan Pembelian

Bisnis usaha dagang umumnya harus menggunakan modul penjualan dan pembelian yang nantinya harus otomatis menambah barang dan mengurangi barang di gudang ketikan terjadi penjualan. Pembelian penjualan di accurate online juga harus membuatkan jurnal pencatatan hutang dan piutang. Selain itu dengan menggunakan program akuntansi berbasis cloud ini invoice dan tagihan bisa di cetak atau dikirim melalui email dengan accurate.

3. Accurate online program akuntansi masa depan

Saat ini semua software akan mengembangkan teknologi yang sangat modern dan dapat diakses kapanpun dimana saja. Seorang karyawan atau pengusaha tidak perlu membuka laptop atau komputer bila mau bekerja atau memantau usahanya. Accurate online dapat diakses melalui semua hardware yang ada karena kita bisa akses melalui web browser yang ada di semua operating system (OS) seperti windows, mac, android dan sebagainya.

4. Modul lengkap untuk pembukuan perusahaan

Accurate online memiliki fitur yang sangat komplit dan detail mengikuti perkembangan kondisi dunia usaha sekarang seperti misalnya dapat terintegrasi dengan toko online. Update perpajakan ke E faktur dan integrasi dengan Bank untuk rekonsiliasi. Sekarang ini accurate juga banyak menjadi kurikulum resmi di sekolah kejuruan atau di perkuliahan jurusan akuntansi sebagai bekal masuk di dunia kerja.

Baca juga : Fitur lengkap accurate online 

5. Integrasi Antar Divisi

Di era bisnis modern seperti sekarang bagi perusahaan sister integrasi sangat penting antar bagian diperusahaan. Accurate online sistemnya sudah klien server yang tujuannya membuat semua divisi yang ada diperusahaan tersimpan di satu database server. Sebagai contoh bagian penjualan integrasi ke gudang mengurangi stok dan juga membuat jurnal otomatis dan juga laporan penjualan, piutang dan laporan keuangan. Itulah sebagai contoh integrasinya dan nanti seperti hutang, bank, jurnal, asset, persediaan, piutang akan saling terintegrasi di accurate online.

Baca juga : Accurate Pos untuk Program Kasir

6. Sesuai PSAK dan Perpajakan Indonesia

Accurate dikembangkan sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) dan Perpajakan di tanah air. Hal ini akan memastikan Anda mendapatkan perhitungan yang akurat, terutama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pajak..

Seperti yang kita ketahui, hal-hal yang berhubungan dengan pajak amatlah sensitif. Salah-salah, Anda dapat terkena masalah dan menjadi buruan petugas Dirjen Pajak. Supaya aman, gunakanlah Accurate untuk melakukan penghitungan tersebut untuk Anda.

7. Bisa Untuk produksi Sederhana

Accurate online mempunyai fitur untuk produksi sederhana yang memungkinkan mengolah dari bahan mentah menjadi barang siap jual. Fitur ini sangat mudah di gunakan dan di pahami sehingga jangan kuatir bagaimana cara untuk mengolah daur ulang.

Baca juga : Manfaat fitur job costing di accurate

8. Penyimpanan cloud dan Aman setara Bank

Accurate Online menggunakan sistem cloud canggih yang memungkinkan Anda untuk mengakses perangkat lunak ini kapan saja dan di mana saja selama Anda terhubung dengan jaringan internet. Anda tidak perlu lagi repot bolak-balik untuk mengakses data keuangan perusahaan dari komputer kantor.

Selain itu, Anda juga memiliki wewenang untuk mengatur siapa saja yang bisa mendapatkan akses ke database perusahaan. Semua hal tersebut bisa dilakukan semudah membalik telapak tangan.

Tak hanya canggih, sistem cloud yang digunakan pada Accurate Online juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Selama Anda menjaga kerahasiaan kata sandi Anda dengan baik, semua data Anda dijamin aman dan tidak akan bisa diakses oleh orang lain.

9. Perpajakan dan ada PPH 21

Perpajakan yang sudah dapat digunakan adalah seperti pajak pertambahan nilai, PPH 23 dan SPT badan. Accurate online terdapat fitur smartlink pajak yang dapat digunakan untuk menyiapkan dan pelaporan untuk perpajakan dengan cara mudah dan menyenangkan.

Untungnya, Accurate Online menyediakan modul pencatatan penggajian secara lengkap. Anda dapat menemukan rincian perhitungan gaji berikut tunjangan dan bayaran lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membuat laporan PPH 21.

10. Sudah Digunakan di Banyak Perusahaan

Accurate pertama lagi di kenal sejak tahun 2000 dan menjadi perusahaan nasional yang masih eksis di industri software akuntansi. Pengguna accurate mencakup seluruh kota-kota besar di Indonesia dari usaha kecil menengah hingga ke perusahaan besar sampai BUMN.

Demikian penjelasan Cara Buat Invoice Tagihan Pelanggan dengan Cepat. Pastikan dalam memlilih software akuntansi harus sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang dikeluarkan. Menggunakan program akuntansi juga harus mengetahui tidak menghilangkan 100% pekerjaan manual, namun setidaknya terbantu sekitar 80%. Semoga penjelasan di atas cukup membantu pebisnis atau pengusaha menentukan mau menggunakan software apa yang terbaik untuk usahanya.