Era digital segala transaksi bisnis berlangsung dengan cepat dan mudah seringkali jarak menjadi kendala bagi orang untuk memulai bisnis tetapi jika kita siap dan punya solusi harusnya jarak tidak menjadi masalah karena segala sesuatu bisa di kelola dan di monitor kapan saja. Semakin hari semakin banyak perusahaan yang mulai memercayakan pekerjaan kepada pegawainya dan dikelola dari jarak jauh dengan kehadiran di kantor beberapa kali saja dalam seminggu atau sebulan. Dengan sistem pengelolaan jarak jauh ini, bisa saja Bisnis yang tidak hanya berskala lokal namun juga internasional dengan kontrol hanya dari satu tempat. Mendirikan Bisnis usaha jarak jauh memang menjadi salah satu cara yang banyak ditempuh saat ini. Agar perusahaan yang Anda dirikan berjalan sukses, coba Solusi berikut:

Buatkan SOP dan Pembagian Kerja yang Jelas

Sebuah perusahaan harus mampu membuat SOP (Standard Operating System) dan juga pembagian kerja yang jelas agar dapat dipahami dan dijalankan dengan baik oleh setiap orang di dalam perusahaan. Hal ini menjadi penting karena SOP digunakan sebagai pedoman untuk memastikan setiap kegiatan operasional perusahaan berjalan dengan lancar. SOP sebaiknya dibuat secara detail agar seluruh tindakan yang diambil tetap sesuai dengan jalur yang telah ditentukan. Begitu pula dengan pembagian kerja. Bagikan tugas yang jelas dan sesuai dengan wewenang yang diberikan. Ketika seluruh tugas dibuat sesuai dengan porsi masing-masing maka akan lebih menghemat waktu penyelesaian karena setiap orang akan fokus dengan pekerjaannya. Namun, di dalam pekerjaan pada suatu waktu pasti akan menemukan titik jenuh. Maka dari itu, sesekali berikan tim Anda kebebasan untuk berkreasi demi menciptakan pengalaman, pengetahuan dan motivasi baru untuk mereka.

.

Memilih Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Dalam perusahaan yang dikontrol dari jarak jauh, penting untuk memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap sumber daya manusia yang berpengetahuan, berketerampilan dan mempunyai sikap yang baik dalam pekerjaan. Pilihlah orang yang mampu memotivasi dirinya sendiri. Dalam perusahaan jarak jauh, pasti sulit bagi Anda untuk memerhatikan karyawan, dan hal tersebut bisa menyebabkan karyawan akan mudah bermalas-malasan dan tidak mempunyai motivasi ketika bekerja. Oleh karena itu dibutuhkan orang yang mampu memotivasi diri dan tidak perlu didorong terus menerus untuk mau bekerja. Pilihlah orang yang berusaha menetapkan dan mencapai tujuan serta orang yang terbuka dan jujur.

Membuat Kontrol dan Evaluasi Secara Periodik

Perusahaan jarak jauh membuat Anda tidak bisa selalu melakukan pengawasan terhadap kinerja tim dan karyawan. Namun setidaknya Anda harus mampu meluangkan waktu untuk melakukan kontrol dan evaluasi secara Periodik. Minimal 1 atau 2 minggu sekali waktu setiap harinya ada kontrol yang harus dilakukan. Ini dilakukan agar Anda mengetahui perkembangan sekecil apapun dalam perusahaan dan mampu melakukan perbaikan dengan cepat saat terjadi masalah.

Berikan Reward dan Lakukan Kegiatan Keakraban Bersama Karyawan

Walaupun Anda, perusahaan, tim dan karyawan berada dalam jarak yang cukup jauh, usahakan sesekali untuk memberikan reward dan melakukan kegiatan keakraban. Karyawan yang telah bekerja dengan keras pantas untuk mendapatkan penghargaan. Dengan adanya reward, karyawan akan semakin semangat dan termotivasi untuk bekerja. Selain itu lakukan juga kegiatan keakraban seperti makan bersama atau liburan bersama untuk sejenak merehatkan pikiran dari pekerjaan. Kegiatan seperti ini pun sangat berguna untuk menimbulkan rasa memiliki terhadap perusahaan. Sudah sewajarnya jika perusahaan yang dikelola bersama juga melakukan kegiatan langsung secara bersama-sama walaupun diawali secara online.

Utamakan Kejujuran

Yang diperlukan dari perusahaan yang dilakukan secara jarak jauh untuk tetap berkembang secara sehat adalah kejujuran. Sampaikan apapun yang ada pada bisnis bahkan jika itu merupakan sebuah resiko yang harus ditanggung. Dengan adanya keterbukaan ini, diharapkan sebuah perusahaan mampu mengkomunikasikan berbagai hal dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama. Jadikan kejujuran sebagai etika dalam bekerja untuk menimbulkan kepercayaan dan rasa tanggung jawab pada karyawan.

Manfaatkan Teknologi

Era digital banyak hal yang dapat di kerjakan melalui jarak jauh seperti melakukan conference atau meeting secara online, menggunakan GPS untuk mengetahui lokasi karyawan, keuangan, stok dan asset bisa menggunakan software akuntansi yang berbasis cloud atau online. Sebenarnya bila kita menggunakan software akuntansi berbasis cloud banyak keuntungan yang bisa kita dapat  seperti monitor pengeluaran dan pemasukan kas, penjualan dan pembelian, persediaan dan laporan keuangan update bisa langsung kita lihat saat itu juga.

Sebagai refernsi, software accurate merupakan software akuntansi berbasis cloud yang terdapat banyak fitur canggih dan terintegrasi, tidak perlu mempunyai pengetahuan akuntansi untuk menggunakan karena semuanya sudah otomatis menjurnal dalam setiap transaksi yang dibuat. dan terdapat juga akses kontrol untuk membatasi akses karyawan dan ada jejak digital untuk setiap yang di entry oleh karyawan lewat laporan audit sistem.

Baca juga : Laporan apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan