Cara Menampilkan Piutang Departemen Accurate Online

Home/accurate online/Cara Menampilkan Piutang Departemen Accurate Online

Cara Menampilkan Piutang Departemen Accurate Online

Cara Menampilkan Piutang Departemen Accurate Online adalah panduan menampilkan piutang masing-masing pelanggan di kelompokan per departemen. Piutang per departemen hanya memunculkan piutang yang timbul  dari faktur penjualan.

Baca juga: Cara menggunakan fitur departement di accurate online

Langkah-langkah melihat Laporan Piutang per Departemen di Accurate Online :

  1. Buka Laporan Rincian Faktur Penjualan yaitu dengan masuk ke menu Laporan | Daftar Laporan | Penjualan.

    Membuka Laporan Rincian Faktur Penjualan

  2. Selanjutnya, lakukan pengaturan tanggal data transaksi yang akan ditampilkan yaitu dengan mengisikan parameter tanggal-nya pada kolom yang tersedia, kemudian klik ‘Tampilkan’.

    Mengatur Parameter Transaksi

  3. Klik ‘Modifikasi’ lalu ke Tab Grup dan hapus semua data grup yang tampil dengan mengklik tanda (-).

    Mengatur Modifikasi

    Menghapus Pengaturan Grup

  4. Lalu ke tab Kolom Data, cari dan buka folder Departmen kemudian klik 2x variable “Nama” hingga tampil pada ‘Kolom Digunakan’ (di kotak sebelah kanan). Dan lakukan hal  yang sama untuk menampilkan variable “Piutang” : “Pembayaran” ; “Status” pada folder Faktur Penjualan, sehingga tampil pada ‘Kolom Digunakan’ (lihat gambar).

    Menampilkan Variabel Data Yang dibutuhkan

  5. Kembali ke tab Grup, lalu klik tanda + dan tampilkan seperti pada tampilan gambar dibawah ini atau sesuai kebutuhan anda.

    Pengaturan Grup untuk Departemen

  6. Setelah simpan dan tampilan Laporannya akan seperti gambar berikut ini.

    Laporan Piutang Per Departemen modifikasi dari Laporan Rincian Faktur Penjualan

Catatan :

  • Laporan Piutang Penjualan Per Departemen yang akan dibuat ini hanya berlaku pada transaksi penjualan yang menjual satu (1) jenis barang saja per nomor Faktur Penjualan. Jika terdapat 2 jenis barang atau lebih dalam 1 nomor faktur penjualan, maka laporan piutang per departemen ini tidak berlaku.
  • Sebagai informasi, fitur Departemen & Proyek ini berfungsi untuk menampilkan Laba/Pendapatan dan Beban per Departemen dan Proyek saja, sehingga memang tidak difungsikan untuk menampilkan nilai akun-akun pada Laporan Neraca semisal Piutang, Hutang, Persediaan, dsbnya. Dan Laporan Piutang per Departemen yang diinformasikan pada artikel ini merupakan laporan piutang berdasarkan transaksi penjualan barang.

Cara Menggunakan Fitur Departement Accurate Online

Home/accurate online/Cara Menggunakan Fitur Departement Accurate Online

Cara Menggunakan Fitur Departement Accurate Online

Cara Menggunakan Fitur Departement Accurate Online

 

Cara Menggunakan Fitur Departement Accurate Online adalah panduan menggunakan fungsi departement di dalam program akuntansi berbasis cloud.  Umumnya fungsi departement di accurate online adalah untuk mengasilkan laba rugi masing-masing cost center di dalam accurate. Cost center adalah unit bisnis atau divisi dalam perusahaan yang mengeluarkan biaya tetapi bisa juga sebagai sumber pendapatan di dalam perusahaan. Nantinya cost center ini kita perlu tahu apakah menghasilakan keuntungan atau menimbulkan kerugian.

Cara Menggunakan Fitur Departement di Accurate Online

1. Silahakan Klik menu Perusahaan | Departemen.

Membuat Departemen di Accurate Online

 

2. Ada 3 tab pada Fitur Departemen, yaitu Departemen, Saldo Awal, dan Lain-Lain. Lengkapi field-field dari tiap tab tsb.

Membuat Departemen di Accurate Online

*Tab Departemen

3. Klik Simpan jika telah selesai.

Nantinya pada saat input transaksi apapun di accurate online dan berhubungan dengan transaksi atau akun seperti pendapatan, HPP atau beban. Jangan lupa memilih departement sebagai contoh transaksi faktur penjualan di bawah ini:

Laporan departement yang ada di accurate online di bawah ini

 

Kelebihan dan Kekurangan Accurate Online

  • Kelebihan: Accurate Online sangat cocok bagi Anda yang memerlukan akses dari mana saja dan kapan saja tanpa harus ke kantor. Kedepan update Fitur Accurate “mungkin” lebih banyak dan integrasi dengan third-party application.
  • Kekurangan: Mengandalkan koneksi internet maka Anda sangat tergantung pada keberadaan  kecepatan internet yang tersedia. Anda tidak bisa akses dan input transaksi jika tidak ada koneksi internet.

Baca juga: Fungsi dan cara berlangganan di accurate online

Demikian penjelasan Cara Menampilkan Piutang Departemen Accurate Online. Accurate online adalah software akuntansi yang sekarang banyak di referensikan oleh perusahaan-perusahaan skala UKM. Penjelasan lebih lanjut  mungkin masih ada yang kurang jelas atau mau ditanyakan. Bisa menghubungi  marketing di 0812-8434-1364 dan anda masih bisa trial gratis 30 hari.

By |2021-07-21T14:57:30+07:00Juli 22, 2021|accurate online|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

Go to Top