Franchise merupakan salah satu jenis usaha yang diminati karena memberikan peluang dan keuntungan yang cukup menjanjikan. Bisnis franchise atau biasa disebut bisnis waralaba adalah usaha bisnis dengan metode nama dagang, merek dagang hingga produk dan bahan yang sudah ada. Sebagai contoh bisnis franchise yang sering kita jumpai yaitu McDonald’s, Pizza Hut, KFC, Dunkin’Donuts, Cirkle K, dan lain sebagainya.

Jika dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya, bisnis franchise memiliki karakteristik sendiri. Dalam bisnis franchise terdapat dua pihak yang terlibat yakni franchisor sebagai pemilik bisnis dan franchisee sebagai pihak yang menerima waralaba. Pemilik bisnis atau franchisor harus mengontrol dan melakukan monitoring pada setiap gerainya dimiliki. Semua itu tidaklah mudah, bayangkan jika Anda memiliki banyak gerai pada banyak daerah yang berbeda-beda, untuk memantaunya pasti akan cukup sulit dan menyita banyak waktu. Sama halnya dengan pemilik, franchisee juga harus mengelola waralaba tersebut dengan baik. Karenanya, bisnis franchise harus membuat sistem agar memudahkan Anda mengelola bisnis waralaba.

Accurate Online  untuk Bisnis Franchise

Apakah Anda seorang franchisee? Biasanya pengelola franchise merupakan seorang pengusaha yang baru masuk dalam dunia bisnis. Sehingga untuk mengurangi risiko kegagalan diperlukan sebuah sistem yang memudahkan mereka mengelola bisnis tersebut. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengelola bisnis franchise adalah menggunakan Accurate Online.

 Accurate Online merupakan pengembangan dari software accurate berbasis desktop yang merupakan software akuntansi yang digunakan oleh UMKM di Indonesia, yang membedakan adalah Accurate online berbasis cloud sehingga memudahkan penggunanya akses dimana saja dan kapan saja.

Accurate online dapat membantu Anda mengelola persediaan, membuat pembukuan, laporan keuangan, membuat faktur yang diatur langsung oleh sistem. Selain itu, Accurate online biasanya terintegrasi dengan aplikasi lain yang memiliki sistem POS, jadi Anda juga dapat mengelola inventaris, administrasi, pengaturan shift kerja staf, ataupun manajemen loyalitas pelanggan.

Accurate Online maupun sistem POS memiliki tampilan yang sederhana, yang memudahkan Anda untuk menggunakannya meskipun tidak memiliki keterampilan khusus. Penggunaannya yang hanya membutuhkan internet juga akan membantu Anda mengurangi biaya.

Bagaimana Pemilik Waralaba / Franchisor Memantau Setiap Waralabanya?

Untuk memantau kinerja setiap waralaba, franchisor harus melihat laporan bisnis dari setiap franchise. Oleh karena sebaiknya bisnis franchise memiliki sistem atau standar laporan sehingga untuk memantaunya menjadi mudah. Tapi bagaimana kalau cabang-cabang tidak menghitungnya dengan benar atau teliti? Atau bagaimana jika laporannya hanya dibuat oleh mereka selama tiga bulan sekali? Maka dari itu Accurate Online sangat dibutuhkan dalam bisnis franchise. Sistem penyimpanan yang berbasis awan (cloud system) dalam Accurate Online membuat data yang telah di-input dapat langsung tersimpan, dan Anda pun dapat melihat laporan secara uptodate di mana pun dan kapan pun. Laporan yang dihasilkan menggunakan Accurate Online akurat, lengkap dan realtime juga akan membantu Anda mengevaluasi kinerja setiap franchise dan mendeteksi masalah lebih cepat. Dengan demikian pengambilan keputusan juga dapat dilakukan secara cepat dan tepat.