Asset Tetap merupakan sumber daya yang kita miliki dan kelola dan mempunyai nilai ekonomis di masa depan. Dalam Perusahaan asset tetap mempunyai manfaat untuk membantu kinerja dan meningatkan nilai bisnis di perusahaan. Berdasarkan fungsi asset dapat digunakan untuk semua kegiatan perusahan, perpajakan dan Nilai bisnis di suatu perusahaan, Karena fungsi tersebut, cara kelola asset yang baik sangatlah penting bagi perusahaan.

Kelola asset sangat penting bagi pertumbuhan bisnis, Karena jika tidak di kelola asset perusahaan akan menyebabkan kerugian bagi perusahaan secara nilai. Berikut adalah cara kelola asset dan penyusutannya :

  1. Kelola Asset dengan Software Akuntansi. Tidak semua software akuntansi memiliki fitur asset tetap. Salah satu software akuntansi yang punya fitur untuk kelola asset tetap adalah software Accurate. fitur asset tetap membantu untuk kelompokan Asset tetap berdasarkan versi perusahaan dan versi perpajakan dan sudah ada perhitungan otomatis untuk penyusutan sesuai metode penyusutan yang bisa kita pilih.
  2. Gunakan Metode penyusutan yang tepat, fungsi penyusutan untuk kelola asset adalah untuk menilai asset secara angka di tahun berjalan. Untuk kepentingan pajak penyusutan juga di akui berdasarkan golongan pajak.
  3. Menentukan nilai sisa asset tetap. Tujuan menentukan nilai taksiran suatu asset setelah lewat masa manfaat. tujuannya sebagai kontrol asset tersebut apakah masih bisa di nilai ulang atau di jual untuk keuntungan bisnis perusahaan

Demikian cara kelola asset tetap di suatu perusahaan, ketiga cara diatas sebenarnya jika kita menggunakan software akuntansi sudah sangat membantu untuk melakukan kontrol. untuk Informasi lengkap mengenai Software Akuntansi apa yang cocok di gunakan di indonesia. Silahkan Klik disini