Bisnis restoran sedang ramai sekarang ini, kelihatannya karena sangat banyak yang memulai usaha bisnis restoran, terkesan mudah untuk menjalankan bisnis ini. Memulai sebuah bisnis restoran memang memiliki tantangan tersendiri. Salah satu kunci sukses dari sebuah bisnis restoran adalah konsumen yang merasa senang dan ingin kembali lagi. Untuk memastikan kesuksesan bisnis restoran Anda, maka seluruh tim mulai dari manajemen hingga staf harus didedikasikan untuk kesejahteraan konsumen. Ada beberapa hal penting yang harus diketahui dan dipersiapkan sebelum menjalankan sebuah bisnis restoran. Salah satunya adalah mengetahui kendala dan masalah bisnis restoran apa saja yang sering terjadi. Dengan memahami apa saja masalah bisnis restoran dan kendala yang kerap ditemukan pada bisnis restoran, Anda dapat lebih berhati-hati dan mengetahui celahnya untuk mengelola restoran Anda.

Daftar Menu Makanan dan Minuman yang Standart

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh para pebisnis restoran adalah permasalahan menu. Apakah Anda memiliki terlalu banyak daftar menu atau justru terlalu sedikit? Anda harus berhati-hati dengan jumlah menu yang Anda tawarkan di restoran. Jika Anda telah memiliki banyak varian menu, kini saatnya Anda mulai mempertimbangkan untuk menawarkan lebih sedikit variasi menu dan menjaga standar kualitasnya. Semakin banyak variasi menu Anda, maka semakin banyak jumlah dan variasi bahan yang harus Anda beli. Tidak hanya itu, Anda juga akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membuat pesanan.

Hal yang selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tata letak atau layout dan desain menu restoran Anda. Kelompokkan menu-menu yang paling menguntungkan pada satu halaman, buatlah menu Anda menjadi guide bagi konsumen Anda melalui foto dan teks yang kreatif. Anda dapat mempertimbangkan untuk menyewa seorang copywriter dan desainer grafis untuk membuat daftar menu yang menarik.

Pelayanan yang tidak Baik

Kesan pertama konsumen merupakan salah satu hal yang sangat penting. Layanan konsumen yang buruk seringkali menjadi titik yang dapat merubah opini konsumen terhadap restoran Anda. Makanan yang tersaji di restoran Anda mungkin luar biasa, pengaturan meja cukup indah dan suasana restoran menyenangkan, tetapi jika layanan yang diberikan buruk, maka konsumen akan mengingatnya dan mungkin tidak akan kembali. Kemungkinan lainnya adalah konsumen akan memberitahukan orang-orang disekitarnya untuk tidak pergi atau memesan di restoran Anda.

Pada prinsipnya setiap konsumen untuk datang ke satu restorant mungkin akan mencari referensi dengan teman atau melalui internet, karena itu pelayanan konsument harusnya menjadi perhatian serius agar konsumen punya pengalaman menyenangkan dan dapat memberikan penilaiannya keluar entah melalui social media, atau ke koleganya.

Salah Pilih Jenis Kemasan

Kesalahan jenis kemasan yang digunakan akan sangat berdampak pada kepuasan konsumen. Karena Anda tidak mampu menjaga makanan agar tetap segar dan lezat untuk waktu yang cukup lama. Misalnya, jika Anda menawarkan es krim, yogurt atau menu lainnya yang harus tetap disajikan dingin tetapi kemasan yang Anda gunakan tidak dapat menjaga esensi atau inti dari hidangan Anda, maka konsumen akan merasa kecewa. Kemasan memang tidak bisa dianggap remeh, karena kemasan juga dapat mendongkrak popularitas atau minat konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Cobalah desain kemasan Anda mengikuti identitas brand yang dapat membantu membentuk perasaan emosional konsumen.

Menerapkan Sistem POS (Point of Sale)

POS atau Point of sles merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan retail, seperti di restoran. Pada umumnya sebuah sistem POS merupakan seperangkat komputer dan mesin kasir atau cash register. Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat melacak persediaan, dan mendapatkan rangkuman informasi terkait bisnis restoran Anda. POS dapat mencatat setiap transaksi penjualan secara real-time, sehingga catatan persediaan Anda akan selalu ter-update. Sistem kasir digital ini juga akan memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk memonitor biaya satuan, menghitung ketika Anda perlu stok ulang, dan menganalisis persediaan hingga detail per itemnya. Penggunaan sistem ini juga dapat membantu bisnis Anda terhindar dari salah satu masalah bisnis restoran yang sering terjadi.

Biasanya pemilik Restoran membuatuhkan laporan keuangan, dan pada prinsipnya POS tidak dapat menghasilakn laporan keuangan, hanya sebatas laporan penjualan, karena itu diperlukan juga software akuntansi. Baiknya ketika mau menggunakan POS atau juga software akuntansi, carilah yang sudah dapat terintegrasi antar keduanya secara online. karena dengan cara terebut akan mengurangi beban pekerjaan dan mudah untuk monitor bisnis restoran kita.

Baca Juga : Point of sales yang bisa integrasi dengan software akuntansi secara online