Perkembangan bisnis pada saat era digital membuat pelaku bisnis harus lebih gesit dan pintar untuk mengikuti perkembangan sekarang, dari mulai saat memulai bisnis, proses penjualan ke custumer, pembelian ke pemasok dan termasuk mengenai transaksi keuangan. Setiap proses bisnis diatas memerlukan alat bantu yang biasanya disebut software akuntansi. Software akuntansi pada umumnya bukan lagi digunakan hanya yang berhubungan dengan akuntansi, tapi hampir 90% proses bisnis dapat menggunakan software akuntansi yang datanya akan di kumpulkan menjadi laporan keuangan

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM

. Kehadiran teknologi keuangan berbasis software akuntansi akan membantu para pelaku UKM dalam menghemat keuangan dan waktu, serta lebih terbantu dalam merampingkan keuangan bisnisnya.

  1. Dengan menggunakan software akuntansi, pebisnis tidak memerlukan rumus untuk menghitung secara keseluruhan laba dan rugi, berapa biaya operasional bulanan yang dikeluarkan, berapa omzet yang didapatkan, dan lain sebagainya. Semua itu, hanya cukup diinput pada softwaresaja dan tidak perlu dihitung secara manual.
  2. Mudahnya melakukan review setiap saat ketika membutuhkan data keuangan bisnis. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa setiap pelaku UKM wajib menggunakan Software akuntansi untuk merampingkan data keuangan bisnis. Dengan melakukan review setiap saat, maka akan sangat membantu dalam memantau kondisi keuangan bisnis.
  3. Penggunaan softwareakuntansi dapat mempercepat proses pembuatan laporan keuangan. Berbeda dengan sistem manual, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menghasilkan laporan keuangan untuk periode satu bulan.
  4. Pembuatan laporan pajak juga dapat dikerjakan secara lebih mudah. Softwareakuntansi akan memudahkan para pebisnis untuk menyusun laporan pajak tahunan. Pilihlah softwareakuntansi yang sudah terintegrasi dengan pajak, sehingga Anda tidak perlu lagi membuat laporan pajak menggunakan software akuntansi lainnya.

Memilih Software UKM Sesuai Kebutuhan Bisnis

Ketika anda mengetahuin bisnis anda sudah saatnya menggunakan software akuntansi dan kini kira-kira software apa yang cocok untuk digunakan untuk bisnis UKM anda. ada beberapa kriteria yang bisa menjadi referensi menentukan software yang cocok untuk usaha bisnis UKM anda seperti :

  1. Memilih softwaresesuai dengan budget yang dimiliki. Namun, jangan sampai hanya karena melihat faktor budgetsoftware yang Anda pilih tidak memiliki modul yang lengkap dalam membantu menyusun laporan keuangan bisnis.
  2. Memilih softwareyang terintegrasi dengan lembaga pemerintah, misalnya pajak. Karena pajak merupakan hal yang cukup penting bagi setiap pelaku bisnis, baik itu bisnis besar maupun UKM. Usahakan software yang Anda pilih dapat membantu dalam menyusun pelaporan pajak. Sehingga Anda tidak perlu menyewa atau meminta orang lain untuk menyusun laporan pajak bisnis.
  3. Memilih softwareyang mudah digunakan dan dapat diakses kapan dan di mana saja. Karena bisnis UKM sekarang sudah berbasis digital, seharusnya softwarenya sudah mengikuti pekembangan jaman.
  4. Cari Software yang digunakan oleh banyak perusahaan sejenis dengan anda. Paling gampang anda bisa menanyakan rekan atau orang yang anda kenal mengenai software akuntansi yang mereka gunakan

Baca juga : Software akuntansi yang paling banyak digunakan di Indonesia

Demikian manfaat menggunakan software akuntansi untuk bisnis UKM anda dan cara memilih software akuntansi yang cocok dengan usaha anda. Sebagai referensi mungkin anda bisa mulai mencari tau mengenai software accurate. Software accurate mempunyai pilih berbasis desktop dan juga basis cloud. Software accurate juga sudah banyak di gunakan di lebih dari 100 ribu perusahaan dari berbagai bidang usaha seluruh Indonesia.

Baca juga : Software akuntansi lengkap berbasis cloud untuk UKM