Mengenal Software Akuntansi dan Manfaatnya untuk Usaha | Banyak pelaku bisnis atau praktisi usaha yang belum memahami lebih dalam apa itu software akuntansi? Menjawab pertanyaan ini, software akuntansi adalah sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki berbagai macam bentuk yang fungsinya sebagai alat bantu pekerjaan akuntansi terutama membuat laporan keuangan.

Mengenal Software Akuntansi untuk Bisnis

Sistem akuntansi merupakan sebuah perangkat lunak yang memudahkan pengusaha dalam mengelola berbagai proses yang berkaitan dengan keuangan, menyelesaikan tugas-tugas finansial dengan benar dan cepat. Sistem ini tidak menggantikan peran manager akuntansi dalam mengelola organisasi, tetapi justru akan memudahkan pekerjaan mereka sehingga dapat bekerja lebih produktif. Tanpa bantuan sistem akuntansi, para pengusaha atau manajer akuntansi dapat menghabiskan banyak waktu dalam membuat laporan keuangan, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan software atau aplikasi akuntansi, maka para pengusaha akan mendapatkan visibilitas secara lengkap mengenai kondisi keuangan bisnis atau perusahaan. Sehingga keputusan dapat dibuat secara lebih bijaksana.Tanpa adanya program akuntansi, pemilik bisnis maupun manajer keuangan akan menghabiskan banyak waktu untuk membuat laporan keuangan dan sejenisnya.

Baca juga : Cara cepat kirim invoice dengan mudah ke pelanggan

Sebelum ada software akuntansi semua tugas yang berhubungan dengan keuangan dan akuntansi dikerjakan secara manual. Mencatat transaksi penjualan, mengirimkan invoice, hingga perhitungan dan pembuatan laporan keuangan. Bagian keuangan perusahaan harus memasukkan data secara teliti satu per satu untuk mencegah terjadinya kesalahan.

Bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini sudah ada terbaru untuk memudahkan aktivitas akuntansi dengan memanfaatkan program komputer dan koneksi internet. Dikenal dengan nama software akuntansi yang artinya adalah sebuah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menyederhanakan operasional keuangan.

Software ini sudah mulai banyak digunakan oleh bisnis berskala besar, menengah, maupun kecil. Secara sederhana, perangkat lunak akuntansi merupakan entry data tunggal yang digunakan untuk menyimpan data individu. Sementara yang lebih canggih dapat digunakan untuk mengelola utang-piutang hingga membuat laporan keuangan yang lengkap.

Manfaat Software Akuntansi

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menerapkan software akuntansi dalam perusahaan anda seperti:

  • Anda akan dimudahkan dalam pengerjaan laporan keuangan dalam waktu singkat. Tentu anda sendiri mengerti jika laporan keuangan adalah aspek yang sangat vital bagi perusahaan anda.
  • Anda juga akan terhindar dari kesalahan perhitungan karena faktor human error.
  • Manfaat selanjutnya adalah, anda hanya perlu memperbaiki kesalahan input data hanya pada modul yang ditemukan kesalahan saja tanpa harus mengulang semua perhitungan dari awal lagi.
  • Meningkatkan efisiensi pekerjaan dan produktivitas perusahaan karena semua proses akuntansi sudah berjalan secara otomatis.
  • Mendukung anda dalam menentukan langkah atau keputusan yang akan diambil. Hal tersebut dikarenakan software akuntansi selalu menyajikan data yang akurat dan terus diperbarui.
  • Memantau kesehatan pasar secara global.
  • Sentralisasi semua pekerjaan administrasi, keuangan dan akuntansi dalam satu database server
  • Mudah menyimpan dokumen dan mencetak dokumen
  • Pantau stok barang

Baca juga : Manfaat software akuntansi untuk bisnis UKM

Salah satu software akuntansi yang menjadi referensi untuk usaha adalah accurate online. Accurate online adalah software akuntansi berbasis cloud yang dapat di akses melalui web dimana saja dan kapan saja. Accurate bisa membuat invoice ke pelanggan dan juga invoice masuk dari vendor dan juga mengontrol jatuh tempo hutang dan piutang. Dapatkan penawaran resmi accurate online sekarang dengan diskon 25% untuk pengguna baru. Bila ada yang belum  jelas atau mau ditanyakan bisa hubungi marketing di telephone atau wa di 0812-8434-1364.

 

PENAWARAN ACCURATE ONLINE