Menjaga Backup dan Memperbaiki Database Accurate 5

 

Menjaga Backup dan Memperbaiki Database Accurate 5 adalah penjelasan untuk kelola sendiri software accurate desktop versi 5. Database accurate adalah file yang menyimpan seluruh data histrory transaksi yang masuk dan di input melalui software accurate. Database ini menyimpan semua transaksi dari awal sampai per hari ini. Pengguna aplikasi desktop ini perlu memahami bahwa database accurate 5 berada di anda sendiri bukan di pengembang. Seringkali user accurate 5 sering menanyakan ke custumer support atau ke penjual accurate di mana lokasi database mereka. Itulah kenapa sering menanyakan kenapa database mereka rusak, hilang dan sebagainya. Padahal database accurate 5 di simpan dan di kelola langsung oleh anda sendiri.

Baca juga : Solusi muncul di accurate ini adalah versi percobaan dan tidak berlaku lagi

Baca juga : Accurate tidak terhubung dengan licence manager

Penjelasan Mengelola Database Accurate 5

Pengguna accurate 5 perlu tau bahwa database accurate menggunakan firebird  2.5 dengan bahasa program delphie. Database accurate 5 extensionnya adalah GDB dan file back up nya berakhiran GBK. Bagi pengguna accurate 5 berikut akan di jelaskan bagaimana kelola database accurate 5 agar tidak rusak apalagi hilang.

1. Database lebih Aman di Server

Server adalah komputer khusus yang fungsinya hanya untuk menyimpan data-data penting perusahaan dan tidak di gunakan untuk bekerja. Database accurate rasanya akan lebih cocok berada di komputer server sendiri. Kenapa data perusahaan lebih baik ada server di karenakan beberapa hal seperti berikut:

  • Masuk dan akses ke komputer server terbatas.
  • Terhindar dari virus seperti usb, web virus dan lainnya.
  • Database hanya ada di komputer server dan tidak semua orang bisa ambil, kecuali yang punya akses.

2. Rutin Untuk Back up setiap Hari

Setiap pengguna accurate 5 perlu mengetahui setiap user akan menutup aplikasi accurate 5 pasti akan di tanyakan untuk melakukan back up atau tidak. Pastikan setiap user atau user yang terakhir menutup accurate untuk memilih yes yang tujuannya nanti akan ada file otomatis format gbk yang dbuat oleh sistem. File otomatis GBK ini akan muncul (replace) setiap hari 1 file. Jadi kalau dalam 1 hari ada 10 user accurate yang memilih yes setiap tutup accurate maka filenya akan menimpa terus dan tidak di buat data accurate GBK baru.

File GBK yang di back ini selalu akan tersimpan di komputer server dan dalam satu folder yang sama dengan database originalnya (FILE GDB)

Back up accurate 5 desktop

3. Back Up ke luar Komputer Server

Lalu Bagaimana Jika Database Accurate 5 Rusak?

Komputer server umumnya mempunyai umur tersendiri sama seperti umur peralatan elektronik lainnya. Supaya database kita juga aman dari serangan virus komputer, sangat di sarankan melakukan back up secara rutin databasenya ke external hardisk. Data yang perlu di back up antara lain adalah file GDB nya dan file GBK yang paling update dan bisa lihat di date modifiednya. Cara untuk melakukan back up data keluar adalah dengan cara copy paste file GDB dan GBK seperti copas file biasa. Sebelum copy paste jangan lupa jangan ada yg sedang buka accurate 5.

Solusi Jika Database Accurate 5 Rusak?

Beberapa cara jika database accurate 5 bermasalah atau rusak, bisa melakukan cara sebagai berikut

1. Repair database

Repair database atau perbaiki database accurate 5 dilakukan jika database sudah di buka ke semua komputer terjadi error sehingga tidak bisa di akses. Melakukan perbaikan database sebaiknya melalui PC server accurate jangan melalui komputer klien accurate. Penyebabnya proses perbaikan akan lebih cepat.

Menu repair accurate desktop

Pilih database accurate yang di repair

2. Restore File GBK menjadi GDB

Cara ke dua juga adalah menggunakan file GBK menjadi file GDB kembali. Nantinya setelah di restore file GDB tersebut kita kembalikan ke server untuk menjadi database utama. File GBK yang di gunakan buat restore cari date modified paling update.

Restore accurate 5

Demikian penjelasan Menjaga Backup dan Memperbaiki Database Accurate 5 agar tetap aman selama masih di gunakan. Pastikan dalam memlilih software akuntansi harus sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang dikeluarkan. Menggunakan program akuntansi juga harus mengetahui tidak menghilangkan 100% pekerjaan manual, namun setidaknya terbantu sekitar 80%. Semoga penjelasan di atas cukup membantu pebisnis atau pengusaha menentukan mau menggunakan software apa yang terbaik untuk usahanya.