Pembelian aktiva tetap atau asset secara cicilan adalah hal yang sering dilakukan oleh perusahaan untuk memutarkan cash flow perusahaan dibandingkan pembelian secara tunai. Accurate online sebagai software akuntansi berbasis cloud membantu mengelola asset tetap sekaligus mencatat penyusutan dan mendaftarkan asset tetap tersebut secara pembelian tunai dan kredit.

Baca juga : Cara kelola asset tetap dan menghitung penyusutan aktiva tetap secara otomatis dan akurat.

Berikut adalah pencatatan asset tetap di accurate online secara cicilan.

  1. Buat data pemasok atas pembelian aset tetap secara cicilan tersebut, yaitu dari menu Pembelian|
  2. Jika pembelian aset tetap dengan cicilan terdapat uang muka pencatatan uang muka dilakukan melalui menu PembelianUang Muka Pembelian, pilih nama vendor yang dimaksud, kemudian masukan nominal uang muka yang akan dibayarkan, klik proses dan pilih pembayaran. Contoh Kasus : Perusahaan membeli aset tetap berupa kendaraan senilai Rp 120.000.000. Dan atas pembelian tersebut diberikan uang muka sebesar 20%-nya yaitu Rp 24.000.000. Sisa-nya dilakukan cicilan selama 4 tahun.

  1. Buat faktur pembelian untuk melakukan pencatatan atas pembelian aset tersebut, yaitu dari menu PembelianFaktur Pembelian, pilih nama pemasok-nya, kemudian klik “Pembelian Aset” dan jika belum pernah melakukan pembelian akan tampil “Pembelian aset tetap memerlukan barang dan akun pembelian. Accurate akan membuatkan barang dan akun perkiraan “Pembelian Aset”.  Lanjutkan ?”. Isikan nama kendaraan, kuantitas dan nilai kendaraan yang di beli. 
    Jika ada uang muka, klik icon DP dan pilih nomor transaksi atas uang muka tersebut, kemudian simpan

4. Selanjutkan ke menuAset Tetap | Aset Tetap | buka transaksi aset tetap (draft) yang dibuat otomatis oleh Accurate dari transaksi faktur pembelian.

5. Edit Tanggal Pakai jika Tanggal Pakai tidak sama dengan Tanggal Beli,  jika aset berwujud checklist Ya (Aset Tidak Berwujud) dan jika  bukan Aset tidak berwujud, pilih Metode Penyusutan,  Akun AkumulasiAkun Beban Penyusutan dan Umur Aset.

6. Klik Tab info lainnya, isi Kategori Aset dan klik Simpan.

7. Untuk pembayaran cicilan dari aset tersebut bisa dilakukan dari menu PembelianPembayaran Pembelian, pilih Pemasok yang dimaksud dan pilih faktur atas pembelian aset tersebut. Kemudian isikan nominal cicilan yang akan dibayarkan. Hal ini dilakukan setiap periode waktu pembayaran.

Demikian cara pembelian aktiva tetap (asset) secara cicilan, accurate online selain aktiva tetap membantu mengolah transaksi seperti kas dan bank, stok sampai jadi laporan keuangan.

Accurate online banyak direferensikan oleh perusahaan karena sudah sesuai dengan standart akuntansi dan perpajakan indonesia. Untuk informasi lengkap atau ada yang mau ditanyakan bisa menghubungi  marketing di 0812-8434-1364 dan bisa membutuhkan penawaran bisa langsung dibawah ini.

PENAWARAN ACCURATE ONLINE