Contoh dan Program Akuntansi untuk Manufaktur |Perusahaan manufaktur adalah jenis suatu badan usaha. Perbedaan manufaktur dengan lainnya adalah pekerjaannya yang menggunakan mesin, peralatan, serta  tenaga kerja tertentu. Dalam proses pekerjaannya, perusahaan ini memiliki ciri khas yakni mengubah suatu bahan mentah menjadi sebuah barang jadi yang mempunyai nilai jual yang besar.

Dalam proses serta tahapan yang dilakukan pada kegiatan perusahaan manufaktur telah dilakukan dengan berdasarkan pada Standar Operasional Prosedur atau biasa disebut SOP yang telah ditetapkan. Salah satu dari bagian perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia biasanya disebut pabrik. Pabrik adalah suatu tempat untuk proses untuk mengelola barang mentah menjadi barang jadi

Pengertian manufaktur berdasarkan teknis adalah kegiatan pengolahan bahan mentah melalui proses kimia dan fisika dalam mengubah suatu bentuk, sifat, serta tampilan untuk membuat sebuah produk. Selain itu manufaktur sendiri mencakup mengenai perakitan berbagai bahan hingga menjadi suatu produk.

Berbeda lagi dengan pengertian manufaktur berdasarkan segi ekonomi. Dimana manufaktur adalah kegiatan transformasi suatu bahan mentah menjadi suatu produk yang memiliki bentuk, serta nilai jual.

Contoh Perusahaan Manufaktur

Terdapat banyak sekali contoh-contoh suatu perusahaan manufaktur di dunia. Perusahaan manufaktur yang ada du Indonesia juga sangat banyak, dengan berbagai jenis industri. Berikut ini contoh perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia antara lain :

1. Contoh Manufaktur Tekstil dan Garmen 

Tekstil dan garmen merupakan salah satu industri perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia. Industri tekstil ini berjalan dengan mengolah kapas menjadi benang, lalu benang menjadi suatu kain, dan kain tersebut dapat diolah kembali menjadi suatu pakaian seperti baju, celana dan lain-lain.

Industri tekstil dan garmen ini membutuhkan banyak sekali tenaga kerja. Sehingga tidak heran ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang bekerja di perusahaan manufaktur tekstil dan garmen. contoh industri tekstil dan garmen di indonesia adalah seperti PT Sri Rejeki Isman

2. Contoh Manufaktur Otomotif

Otomotif merupakan industri perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia juga. Industri ini bergerak dengan memanfaatkan teknologi tingkat tinggi untuk melakukan proses produksi. Terdapat banyak sekali barang hasil produksi dari industri otomotif yang ada di Indonesia, barang hasil produksi dari industri otomotif meliputi sepeda motor, mobil, dan lain-lain.

Contoh industri otomotif yang sudah cukup terkenal di Indonesia dan dunia adalah Astra Group

3. Contoh Manufaktur Elektronik

Elektronik mempunyai kesamaan dengan industri otomotif, dimana perusahaan manufaktur industri elektronik menggunakan teknologi yang tinggi dalam membuat suatu barang. Hasil produksi dari industri elektronik sangatlah banyak dan sangat sering ditemukan serta digunakan oleh masyarakat contohnya seperti Televisi, Komputer, Laptop, Handphone, Kulkas, AC, Kipas Angin, Dispenser, Kompor Listrik, dan lain-lain.

Contoh perusahaan eletronik besar di Indonesia dan cukup terkenal adalah Maspion Electronics yang berdiri di Surabaya

4. Contoh Manufaktur Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman memang banyak yang dijadikan suatu perusahaan manufaktur sebagai bahan utamanya. Industri makanan dan minuman ini bergerak dengan cara mengolah suatu bahan mentah menjadi suatu makanan dan minuman yang siap dikonsumsi oleh konsumen.

Hasil produksi dari industri makanan dan minuman sangat banyak ditemukan contohnya seperti makanan ringan, makanan kemasan, minuman kemasan, dan lain-lain. Contoh perusahaan makanan minuman dan bahan konsumsi besar yang berasal dari Indonesia adalah Grup Mayora

5. Contoh Manufaktur Kerajinan

Kerajinan merupakan suatu industri yang banyak digunakan oleh perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia. Banyak sekali hasil kerajinan dari Indonesia dikirim ke luar negeri. Ada banyak sekali jenis produk yang berasal dari industri kerajinan contohnya seperti keramik, kain tenun, pahatan dari kayu maupun batu, dan lain-lain.

Program Perusahaan Manufaktur

Proses Manufaktur di Program Accurate

Perusahaan manufaktur harus menerapkan Program tentang proses pengerjaan suatu barang agar menjadi lebih efektif. Sistem yang bagus dalam perusahaan manufaktur adalah penerapan sistem lean manufacturing. Penerapan sistem ini akan meningkatkan produktivitas pekerja, memiliki nilai efisiensi, serta unggul dalam operasional perusahaan. Berikut ini penerapan sistem lean manufacturing antara lain:

Salah satu program manufaktur yang banyak digunakan di Indonesia adalah program accurate. Program accurate memberikan solusi pencatatan akuntansi alur kerja manufaktur yang sesuai dengan standart akuntansi indonesia. Proses manufaktur yang dimaksud ada 2 jenis :

1. Program Manufaktur Sederhana

Produksi sederhana yang dimaksud adalah seperti proses perakitan dari bahan baku/bahan setengah jadi yang langsung di olah menjadi barang jadi seperti perusahaan komputer yang merakit komputer dan keyboard, monitor, mouse dan sebagainya menjadi komputer. Jadi tidak perlu sampai berhari-hari menyelesaikan proses produksi. Biasanya proses produksi sederhana biasanya bersifat pesanan atau job order.

Baca juga : Produksi sederhana dengan accurate Online

2. Program Manufaktur Massal

Produksi massal adalah proses produksi yang secara terus menerus untuk rikutmemenuhi target perusahaan dan dalam jumlah besar dari produk yang standar, termasuk dan terutama pada lini perakitan. Kegiatan produksi massal ini mempunyai sistem perencaraan untuk menghitung standart cost produksi sampai ke harga pokok produksi.

Baca juga : Sistem Akuntansi Untuk Perusahaan Manufaktur

Demikian pengertian perusahaan manufaktur, contoh usaha manufaktur dan program untuk perusahaan manufaktur. Program accurate adalah salah satu program manufaktur yang bisa digunakan oleh bagian keuangan perusahaan, accounting, purchasing, marketing dan juga bagian produksi. Bila membutuhkan penjelasan lebih lanjut program accurate untuk perusahaan manufaktur silahkan hubungi marketing di 0812-8434-1364 atau bisa cek harga dan penawaran nya di link berikut