Perbedaan Accurate Online dan Accurate Offline

 

Perbedaaan Accurate Online dan Accurate Offline adalah penjelasan mengenai 2 versi software akuntansi accurate yang berbasis desktop dan cloud. Software accurate adalah software akuntansi yang di kembangkan oleh cpssoft sejak tahun 2000. Accurate software sendiri pertama kali yang di kenal adalah versi accurate offline atau desktop yang paling banyak di gunakan oleh perusahaan. Sejak tahun 2016 perubahan bisnis era digital membuat accurate juga melirik aplikasi berbasis web. Mulai lah accurate mengeluarkan accurate online yang berbasis web atau cloud yang memudahkan untuk akses.

Baca juga: 3 software akuntansi terbaik di indonesia

Perbedaaan Accurate Online dan Accurate Offline

Berikut akan di jelaskan perbedaan Perbedaaan Accurate Online dan Accurate Offline yang wajib di ketahui calon pengguna.

Penjelasan Accurate Offline

Accurate offline biasa di kenal penggunanya dengan nama accurate 5 desktop. Versi accurate desktop ini sudah di kenal di perusahaan-perusahan indonesia sejak tahun 2000 sampai sekarang. Accurate 5 di gunakan oleh berbagai jenis usaha dari usaha kecil menengah sampai ke perusahaan besar bahkan yang sudah go publik. Berikut adalah spesifikasi accurate offline :

1. Berbasis Windows

Accurate offline wajib di install di komputer atau laptop yang berbasis windows dan dapat di install di win 7, 8 sampai ke windows 10.

2. Menggunakan Jaringan Lokal

Setelah install di masing-masing komputer, untuk menghubungkan antar komputer wajib menggunakan jaringan lokal seperti LAN (lokal area network) atau Wirelese. Lokasi yang berbeda wajib membeli accurate baru kembali dan tidak bisa membeli penambahan atau extra.

Baca juga : Spesifikasi komputer accurate offline atau desktop

3. Multi Database atau Perusahaan

Accurate versi 5 bisa membuat database perusahaan unlimited atau tanpa batasan. Perusahaan yang mempunyai banyak pembukuan tidak perlu kuatir jika memiliki pembukuan usaha lebih dari satu.

4. Konsolidasi Database

Pembukuan yang lebih dari 1 atau database yang berbeda tidak perlu kuatir, karena laporan keuangan di accurate 5 bisa di konsolidasi. Konsolidasi di accurate offline adalah menggabungkan lebih dari 1 database untuk mendapatkan laporan neraca atau laba rugi konsolidasi masing-masing perusahaan.

5. Database ada di PC Server Sendiri

Menggunakan accurate 5 harus menyiapkan komputer server untuk menyimpan database. Komputer server yang di gunakan seperti komputer biasa, namun spesifikasinya harus lebih tinggi dari PC klien. PC server di accurate desktop juga bisa stand alone ( khusus simpan database) atau sekaligus klien (sekaligus untuk input data).

Baca juga : Cara kelola database di accurate versi 5

6. Menggunakan sistem licence

Licence di accurate berfungsi untuk mendaftarkan ip komputer sebagai registrasi accuratenya. Jadi satu licence yang di gunakan hanya dapat di gunakan untuk 1 komputer. Licence di accurate juga sifatnya lifetime dan dapat di pindahkan, jika komputer rusak dan di ganti ke komputer yang baru.

7. Biaya pembelian lifetime (One time payment)

Accurate 5 agak sedikit mahal dari ACCURATE Online?, karena jika Anda membeli ACCURATE 5 hanya mahal di awal. Dan tidak ada biaya maintenance per bulan ataupun per tahun. Yang ada hanyalah biaya penambahan extra lisence komputer.

Baca juga : Penjelasan fitur dan harga accurate 5

Accurate Desktop yang diberikan dengan sistem jual putus (one-time payment). Dengan menyediakan 3 varian yaitu Standar (9.680.000), Deluxe (13.200.000) dan terakhir Enterprise Edition (38.500.000). Untuk tambahan lisensi per 1 komputer sebesar 3,3 juta.

Penjelasan Accurate Online

Accurate online sendiri pertama kali launcing sejak tahun 2016. Versi accurate berbasis cloud ini mempermudah user yang bekerja di rumah atau mobille. Berikut penjelasan accurate online :

Baca juga : Trial dan Login accurate online secara gratis

Baca juga : Fitur Lengkap Accurate online ada disini

1. Dapat diakses di mana saja

Berbeda dengan aplikasi berbasis desktop, ACCURATE Online dapat diakses di mana saja, kapan saja, melalui browser baik di PC/Laptop, Handphone dan tablet yang terkoneksi dengan jaringan internet. Pengguna memiliki kebebasan mengenai kapan dan di mana mereka mengakses aplikasi.

2. Penginstalan

Tidak perlu menginstall di setiap PC dan cara aksesnya seperti akses social media.

3. Dapat dijalankan di system operasi manapun

Tidak perduli apakah kita menggunakan linux, windows, mac. Aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser dan akses internet.

4. Dapat diakses lewat banyak media seperti

Accurate online dapat diakses Melalui PC, Smartphone dan Tab. Tidak perlu spesifikasi computer yang tingggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web ini.

5. Alokasi biaya yang lebih efektif

Accurate Online menggunakan sistem berlangganan (subscribe) dengan 1 (satu) skema harga yang sederhana. Harga berlangganan 1 tahun di awal mulai dari 1,980.000 /database dan sudah termasuk 1 user. Tambahan user dikenakan Rp20.ooo/bulan

Baca juga : Biaya dan cara berlangganan accurate online

6. Fitur Seperti accurate offline dan terdapat fitur terbaru

Fitur Accurate Online

Fitur utama di versi online dan offline sama, namun di accurate online di tambahkan fitur pendukung untuk support aplikasi digital.  Berikut Accurate Online dengan hadir beberapa fitur terbaru baru yang belum ada pada Accurate Desktop. Beberapa fitur baru tersebut adalah sebagai berikut:

Approval System

Untuk Anda yang membutuhkan transaksi yang harus disetujui atasan, maka fitur approval ini sangat cocok untuk Anda gunakan dan memungkin Anda untuk lebih mudah monitoring transaksi harian. Dapat juga menentukan nilai transaksi yang dapat disetujui perusahaan.

Auto Numbering

Pada Accurate Desktop hanya ada auto numbering statis, namun pada Accurate Online lebih canggih. Anda bisa menentukan auto numbering yang lebih dinamis, misalnya auto reset per bulan/tahun. Bahkan, untuk transaksi pada rekening bank, bisa dibuat unique numbering.

Comment & Attachment

Fitur Accurate Online yang satu ini memang milenial banget. Kenapa begitu? Bayangkan Anda bisa buat komentar pada transaksi tertentu dan sekaligus menyertakan lampiran. Misalnya, Anda bisa memberi komentar berupa instruksi untuk memperbaiki transaksi, entah karena salah account ataupun nominal langsung dari transaksi terkait.

Business Dashboard

Fitur ini paling disukai pemilik bisnis. Anda senantiasa bisa memantau kinerja bisnis Anda melalui indikator-indikator keuangan yang sudah ditentukan dan semua itu ditampilkan dalam 1 (satu) halaman utama yaitu di dashboard. Mulai dari Kinerja Profit Loss, Arus Kas, Piutang Jatuh Tempo, Grafik Pengeluaran, hingga aktivitas terakhir yang dilakukan oleh karyawan Anda. Menyenangkan bukan?

Dukungan Fitur Pajak

Ya benar fitur pajak, Anda tidak salah baca! Urusan pajak bisa menghabis banyak energi perusahaan jika tidak dikelola dengan baik dan benar. Beruntungnya, Accurate Online menghadirkan berbagai fitur pajak tersebut.