Pengertian Single Entry dan Double Entry

  1. Single Entry atau dapat diartikan sebagai Pencatatan Tunggal merupakan metode pencatatan transaksi keuangan yang hanya dilakukan satu kali. Yang dicatat dalam metode single entry hanyalah daftar transaksi yang mempengaruhi akun kas. Artinya penerimaan kas dicatat sebagai kas masuk, sedangkan pembayaran kas dicatat sebagai kas keluar. Metode single entry biasanya digunakan oleh bisnis kecil dimana neraca tidak diperukan untuk kontrol keuangan dan keperluan pajak.
  2. Double Entry atau Pencatatan Ganda adalah metode pencatatan transaksi keuangan yang dilakukan dua kali yakni pada sisi debit maupun kredit. Metode double entry diperlukan untuk semua bisnis yang harus menghasilkan akun laba rugi dan neraca.

Menggunakan Singgle Entry dan Double entry diPerusahaan

Bagi sebuah bisnis memutuskan apakah akan menggunakan metode single entry atau double entry tergantung dengan jenis bisnis yang dijalankan. Pada awalnya, single entry digunakan pemerintah Indonesia sebagai dasar  pembukuan . Hal ini cukup beralasan karena penggunaan single entry jauh lebih mudah dan praktis. Namun, karena tingginya tuntutan adanya good public governance, perubahan sistem pencatatan ke double entry perlu diterapkan karena dengan sistem pencatatan ini dapat dihasilkan laporan keuangan yang lengkap dan auditable.

Di luar pemerintahan, bisnis kecil dengan kepemilikan tunggal atau bisnis berbasis rumahan mungkin tidak memerlukan metode double entry untuk mencatat transaksi keuangannya. Dan biasanya pemilik bisnis kecil tidak memulai usahanya dengan metode ini. Lebih mudah bagi mereka untuk menggunakan metode single entry dengan cukup menambahkan kas yang masuk dan mengurangi kas keluar.

Sementara itu apabila bisnis yang dijalankan memiliki beberapa piutang atau hutang, perlu dipertimbangkan untuk menggunakan sistem double entry. Dalam metode double entry, tiap transaksi dicatat ke dalam dua akun, debit dan kredit. Setiap transaksi harus saling menyeimbangkan.

Keuntungan dan Kerugian Single Entry

Yang menjadi poin utama dari keunggulan penggunaan single entry adalah sederhana sehingga penggunaannya lebih mudah dan praktis. Metode ini hanya memiliki dua daftar, yakni penghasilan dan pengeluaran. Namun format sederhana ini yang membuat hasil laporannya kurang lengkap. Sehingga sulit untuk mengontrol setiap transaksi yang terjadi. Selain itu, apabila terjadi kesalahan akan sulit untuk mencari letak dan asal muasal kesalahan tersebut.

Keuntungan dan Kerugian Double Entry

Sebagian besar bisnis menengah dan besar menggunakan metode double entry yang melacak pendapatan, pengeluaran serta aset dan liabilitas. Metode double entry diperlukan untuk semua bisnis yang diharuskan menghasilkan laporan aset dan liabilitasnya (neraca). Dengan sistem pencatatan seperti membuat perhitungan yang dilakukan lebih akurat karena menunjukkan semua saldo akun. Dengan kejelasan informasi ini maka kesalahan yang terjadi dapat dilacak jejaknya. Namun jika sudah menggunakan metode double entry maka kesalahan yang terjadi sangatlah kecil. Kesalahan yang mungkin terjadi adalah human error.

Data yang tercatat dengan jelas tentu saja menyimpan kerumitan di baliknya. Proses pembukuannya memang cukup rumit karena harus menyeimbangkan antara debit dan kredit. Tentu saja tidak semua orang dapat melakukan ini sehingga dibutuhkan sumber daya manusia tambahan serta biaya tambahan untuk melakukannya. Waktu yang dibutuhkan pun akan lebih banyak karena perlu verifikasi berulang kali apalagi jika terdapat human error yang sangat membingungkan.

Kerumitan yang dialami oleh perusahaan atau pebisnis sekarang sudah dapat di atasi bila menggunakan software akuntansi, baik yang paham akuntansi atau tidak, menggunakan software akuntansi dapat membantu karena tiap jurnal atau laporan yang berhubungan dengan akuntansi sudah otomatis jadi, sehingga memudahkan bagi orang awam untuk menggunakan software akuntansi. Salah satu software akuntansi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan adalah software Accurate dikarenakan kemudahan dan juga fiturnya yang lengkap. Informasi lengkap mengenai software accurate bisa lihat disini