Persiapan Memulai Bisnis Minuman Kekinian | Bisnis minuman kekinian saat ini seperti wabah di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Mulai dari minuman yang sering dijumpai sehari-hari hingga minuman yang dimodifikasi. Banyak pebisnis yang mencoba peruntungannya dalam membuka bisnis minuman kekinian, ada yang berwaralaba namun ada juga yang dibangun secara mandiri.

Namun dibalik segarnya bisnis minuman kekinian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisnis minuman Anda terhindar dari penyakit one-hit wonder, salah satunya tentu terkait untung-rugi. Contohnya saja es kepal milo yang populer di awal tahun 2018 namun kini redup.

Persiapan Memulai Bisnis Minuman Kekinian

1. Lokasi Menentukan Nasib

Lokasi juga menentukan nasib bisnis minuman hits. Tetapkan lokasi outlet yang memang di wilayah tersebut memiliki potensi pasar, misalnya di lingkungan perkantoran karena biasanya Pekerja memulai harinya dengan meminum kopi. Hal ini menjadi peluang besar bagi bisnis minuman kekinian yang berfokus pada macam-macam es kopi.

Atau Anda dapat membuka outlet di lingkungan kampus dan juga sekolah. Karena biasanya konsumen yang menikmati minuman kekinian adalah para millenials yaitu mahasiswa dan siswa sekolah. Atau Anda dapat membuka outlet di tempat wisata. Bisnis minuman kekinian tidak akan menjadi one-hit wonder jika Anda cerdas dalam memilih lokasi outlet Anda.

2. Variasi Menu

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh pebisnis minuman kekinian adalah hanya fokus pada satu minuman yang memang sedah hits saja. Anda dapat membuat side menu sebagai variasi produk. Hal ini berguna ketika minuman kekinian yang Anda jual sudah kehilangan pasarnya, side menu yang Anda sajikan dapat menjadi produk substitusi. Bahkan, Anda dapat membangun trendset melalui side menu. Contohnya, ketika Anda menjual susu gula merah Anda dapat menjual varian minuman baru yang lebih kreatif.

3. Buat Produk Komplementer

Salah satu yang perlu Anda perhatikan dalam membangun bisnis minuman kekinian adalah Anda dapat membuat produk komplementer. Produk komplementer adalah produk yang posisinya saling melengkapi. Buatlah produk yang dapat melengkapi minuman kekinian Anda. Misalnya membuat makanan ringan yang dapat dibawa-bawa pula, seperti roti lapis, hash brownmashed potatoes, biskuit atau bahkan merchandise.

4. Pentingnya Komunitas

Hal yang juga menjadi kesalahan umum seorang pebisnis minuman kekinian adalah mereka terlalu berfokus pada tren dan tidak melihat peluang-peluang lain salah satunya adalah memperhatikan komunitas tertentu. Saat ini bisnis bukan hanya persaingan, namun engagement dan kolaborasi. Ajaklah komunitas untuk berpartisipasi dalam mengembangkan bisnis minuman Anda. Misalnya saja komunitas sesama pebisnis minuman untuk saling berbagi mengenai branding. Anda juga dapat memperhatikan komunitas lingkungan, dengan membuat kemasan minuman yang ramah lingkungan dan juga berbahan organik.

Komunitas juga dapat membangun bisnis Anda dengan melibatkan bisnis Anda dalam perayaan, gathering, dan juga event-event lain. Dengan adanya komunitas, minuman kekinian Anda dapat bertahan lama karena adanya pasar yang lebih kompleks.

4. Gunakan Point Of Sales (POS)

Bisnis minuman tidak lepas dari penggunaan poins of sales (POS) atau mesin kasir untuk transaksi penjualan dan Salah satunya adalah accurate lite. Accurate line adalah software untuk penjualan yang dapat integrase dengan software accurate online yang dipergunakan untuk back office. Accurate lite dapat digunakan menggunakan OS android system. Keunggulan accurate online selain fitur adalah anda cukup membeli accurate online sudah mendapatkan accurate lite untuk POS nya.