Saat ini trend aplikasi akuntansi sudah cukup menggeliat pesat. Bahkan kini software akuntansi online pun bermunculan. Jadi secara umum pengguna software akuntansi mempunyai  2 jenis: software akuntansi berbasis online atau software akuntansi cloud dan selain itu tentunya aplikasi akuntansi online berbasis desktop. Secara fungsi Software-software ini tentunya akan membantu para pengusaha UMKM dan perusahaan besar lainnya dalam mengatur tata keuangan bisnis agar menjadi lebih baik tertib dan mudah dikelola.

Baca juga : Pentingnya akuntansi berbasis online bagi perusahaan

Baca juga : Perbedaan publik cloud dan private cloud di software akuntansi online.

Alasan Memilih Aplikasi Akuntansi Online

Yang harus kamu ketahui, dalam pemilihan sebuah aplikasi akuntansi online yakni haruslah sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan anda. Carilah software akuntansi yang uptodate dan mudah digunakan dengan mendapatkan referensi banyak dari user penggunanya sehingga bukannya memudahkan malah menyusahkan dan akhirnya mubadzir

1. Sesuaikan dengan budget

Anda bisa memilih Aplikasi Akuntansi Online yang sesuai dengan kantong kamu. Namun, jangan sampai hanya melihat karena faktor budget aja yah, tetapi software akuntansi yang kamu beli malah tidak memiliki modul yang lengkap untuk menyusun laporan keuangan bisnis usaha kamu. Bukankah itu malah merepotkan dan sia sia?

2. Pilihlah Software Akuntansi yang Memiliki Integrasi Dengan Lembaga Pemerintah

kamu memang harus memikirkan sebuah software akuntansi online yang bisa terintegrasi dengan lembaga pemerintah, contohnya pajak. Fitur pajak yang sudah sesuai dengan standart perpajakan indonesia sangat penting karena pasti mau tidak mau akan digunakan oleh penggunanya untuk membantu mencatat transaksi dan melaporkannya ke pajak

Usahakan software akuntansi yang kamu gunakan dapat membantu dalam menyusun pelaporan pajak ini, seperti fitur yang tersedia. Maksudnya agar kamu tidak perlu menyewa atau meminta orang lain untuk menyusun laporan pajak bisnis milik anda.

3.  Yang Mudah Dimengerti

Anda harus bisa memilih piranti lunak akuntansi yang mudah anda gunakan. Jangan sampai, anda telah mengeluarkan budget cukup banyak dalam membeli piranti lunak akuntansi online, tetapi anda tidak mengerti dalam menggunakannnya. Hal itu akan menjadi kesalahan besar bagi anda.

Rekomendasi Software Akuntansi Online

Berikut adalah 4 daftar aplikasi akuntansi online yang sering digunakan perusahaan ternama dan UMKM nasional.

1. Easy Accounting System

Aplikasi akuntansi ini menyediakan versi desktop serta versi online. Dalam hal jam terbang Easy accounting ini dapat dikatakan sebagai software akuntansi yang masih cukup muda, karena baru lahir sekitar tahun 2009. Software akuntansi jenis ini juga cukup banyak digunakan sebagai software akuntansi alternatif.

2. Acosys

Aplikasi akuntansi yang memiliki basecamp di Pulau Sumatera ini pun juga pilihan beberapa pelaku bisnis dalam menyusun laporan keuangan mereka. Sayangnya software ini belum memiliki cukup banyak modul. Walhasil kamu harus menggunakan software lain untuk melengkapi modul yang belum tersedia di software akuntansi ini.

3. Bee

Bee adalah software akuntansi multi platform yang menyediakan paket kustom berbasis tools development java. Modul yang disediakan Bee pun cukup banyak. Harga yang dipatok untuk software akuntansi ini disesuaikan dengan paketnya. Ada 3 paket yaitu silver dengan harga 2.5 juta, gold 3.5 juta dan platinum 6 juta yang masing-masing memiliki biaya penambahan user minimal 1.5 juta. Software Bee juga memberikan layanan purna jual bagi penggunanya.

4. Accurate Online

Accurate online adalah salah satu software akuntansi yang sudah dikenal di indonesia sudah sejak lama alasannya adalah keran sudah sesuai dengan standart akuntansi indonesia dan mudah digunakan. Sejak dulu dari perusahaan instansi pemerintah dan swasta, dari skala perusahaan besar dan usaha kecil menengah (UKM) banyak menggunakan software accurate. Pendahulunya accurate desktop atau sekarang dikenal dengan accurate 5 sudah sangat dikenal lebih dahulu dan tahun 2016 accurate mulai mengembangkan accurate online.

Baca juga : Perbedaan accurate 5 dan accurate online yang wajib tau

Baca juga : Software akuntansi top brand indonesia

Fitur software akuntansi accurate online standart modulnya sama dengan pendahulunya dan sekarang dilengkapi fitur terbaru antaranya integrasi dengan toko online sekelas shopee dan tokopedia. Kenapa harus menggunakan accurate online karena accurate adalah salah satu software akuntansi yang masuk kriteria top brand google di indonesia kategori software akuntansi.

Baca juga : Fitur canvasser di software akuntansi untuk salesman 

Baca juga : Harga dan  FAQ mengenai accurate online

Demikian rekomendasi software akuntansi online yang semoga dapat membantu bagi semua orang atau perusahaan yang sedang mau mencari atau mengambil keputusaan beralih ke software akuntansi berbasis online.  Bila anda memutuskan mau menggunakan accurate silahkan bertanya ke saya by phone atau wa di  0812-8434-1364 atau bila butuh penawaran bisa langsung klik dibawah ini.