Software Akuntansi Manufaktur untuk Kegiatan Produksi

 

Software Akuntansi Manufaktur untuk Kegiatan Produksi adalah program atau aplikasi keuangan untuk mencatat transaksi keuangan sampai ke proses pabrikasi. Salah satu software akuntansi yang menjadi referensi perusahaan-perusahaan manufaktur adalah accurate online. Accurate online membuat aplikasi keuangan yang harganya terjangkau namun di lengkapi fitur modern dan update untuk bisnis manufaktur anda.

Baca juga : Coba gratis Accurate Online disini

Baca juga : Cara pemesanan accurate online dan harga accurate online 

Software Akuntansi Manufaktur untuk Kegiatan Produksi

Fitur manufaktur di Accurate Online ditujukan untuk memudahkan proses analisa data keuangan perusahaan pabrikasi besar, perusahaan yang memiliki proses produksi yang rumit dan membutuhkan penghitungan terperinci dari biaya yang dikeluarkan dalam aktivitas produksi. Keunggulan accurate online untuk manufaktur antara lain seperti :

 

1. Mempercepat Proses Perencanaan Produksi

Buat rencana produksi lebih mudah dengan dukungan formula produksi (Bill of Material), estimasi biaya produksi, dan informasi ketersediaan stok bahan baku.

2. Mudah Mengontrol Jalannya Proses Produksi

Pantau progres seluruh proses produksi yang sedang berjalan secara detail. Anda dapat mendeteksi lebih cepat tahapan proses produksi yang menjadi hambatan/ bottle neck.

3. Membantu Meningkatkan Efisiensi Produksi

Lakukan penilaian objektif dengan dukungan laporan produksi menyeluruh. Ketahui di mana terjadi pemborosan, lakukan perbaikan, dan hasilkan proses produksi yang lebih efisien.

Fitur Manufaktur di Accurate online

Manufaktur di accurate online adalah pengembangan dari accurate enterprises yang ada di versi dekstop. Menggunakan manufaktur di accurate online kita harus menyiapkan daftar barang dan juga biaya-biaya untuk produksi. Berikut Fitur manufaktur di accurate online seperti berikut

1. Standart Cost

Accurate manufaktur menggunakan sistem standart cost untuk biaya produksi untuk estimasi biaya bahan baku dan juga biaya langsung dan tidak langsung. Biaya standar untuk memudahkan perhitungan estimasi biaya produksi.

2. Formula Produksi

Buat perencanaan lebih baik menggunakan data formula produksi/bill of material. Formula produk memudahkan bisa ada produksi kembali untuk barang jadi yang sama. Kita tidak perlu input ulang bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi tersebut.

3. Rencana Produksi

Membuat rencana produksi untuk penamaan rencana juga pengaturan tanggal mulai dan akhir produksi. Hal ini juga untuk memudahkan pemantauan proses operasi yang terjadi.

4. Perintah Kerja (work order)

Fitur perintah kerja pada menu manufaktur di Accurate Online berguna untuk memastikan seluruh perencanaan dan membuat proses yang jelas nantinya antara bagian produksi dengan bagian pengadaan atau bagain gudang.

Dengan fitur perintah kerja, informasi yang tersaji dari rencana produksi dapat disajikan secara jelas dan otomatis hanya dengan memasukan nomor rencana produksi yang telah Anda buat.

5. Pengambilan Bahan Baku

Fitur ini berguna untuk meminimalisir terjadinya miskomunikasi dan membuat proses yang jelas antara bagian produksi dengan bagian pengadaan atau bagian gudang. Bagian ini bertujuan jika ada pengambilan barang dari produksi ke bagian gudang. Pengambilan bahan baku mengambil nomer perintah kerja dan nantinya akan muncul bahan baku untuk nomer WO itu saja.

Pada fitur ini, Andapun bisa mencatat pengembalian barang dari proses produksi dengan memilih opsi “retur barang”. Jika bahan baku tidak tersedia, bagian pengadaan barang dapat melakukan pemasanan bahan baku melalui fitur pemenuhan bahan baku. Anda juga bisa memantau proses produksi berdasarkan presentase dengan menggunakan fitur jadwal produksi

6. Tahapan Proses Produksi

Pada fitur tahapan proses, Anda bisa mencatat tanggal mulai dan selesai dari kesuluruhan proses tahapan dalam membuat sebuah rangkaian produksi. Jika Anda menggunakan proses produksi massal, maka dengan menggunakan fitur ini Anda dapat memonitoring dan mencatat tanggal penyelesaian dalam setiap tahapan atau jumlah produksi yang selesai.

7. Penyesesaikan Produksi

Tahapan ini adalah akhir dari produksi di accurate online untuk alokasi ke produk barang jadi. Untuk melihat persentase penyelesiaan proses produksi, Anda bisa melihatnya pada fitur monitor perintah kerja dan proses produksinya dapat Anda lihat melalui fitur jadwal produksi di menu manufaktur.

8. Alokasi Biaya Produksi

Tahapan ini di asumsikan kita sudah membayar dan mencatat biaya produksi pada fitur pembayaran di tab Kas dan Bank sesuai dengan nilai biaya yang dihabiskan untuk pembuatan barang jadi tersebut dengan nama akun “beban operasional lainnya”

 

Selanjutnya Anda bisa memilih alokasi biaya dan rincian perintah kerja pada fitur alokasi biaya produksi dengan mengambil nomor SPK terkait, seperti gambar di bawah ini:

cara menggunakan fitur manufaktur 12

9. Laporan Manufaktur Accurate Online

Mengakses laporan dari proses manufaktur yang telah terjadi, Anda dapat mengaksesnya melalui fitur laporan pabrikasi melalui menu laporan dan tab pabrikasi, seperti gambar dibawah ini:

cara menggunakan fitur manufaktur 13

Harga Accurate Online Manufaktur

Accurate online manufaktur menggunakan sistem berlangganan untuk penggunaannya. Biaya berlangganan accurate untuk produksi ini sebagai berikut.

Harga Accurate Manufaktur Rp 28.600.000 (Include PPN) dan sudah mendapatkan

  1. Berlangganan Database accurate online manufaktur ( 12 bulan ) senilai 24 juta
  2. Tambahan 5 extra user senilai 1,2 juta
  3. Database accurate online senilai 2,4 juta
  4. Voucher implementasi senilai 6 juta

Mau coba accurate online gratis 30 hari Klik link berikut