Usaha membuat kue ini bisa menjadi peluang bisnis yang mendatangkan profit maksimal jika dilakukan dengan strategi yang tepat. Pasalnya, masyarakat Indonesia banyak yang menyukai kue dan kondisi ini terus berlanjut serta tidak pernah berhenti hanya karena muncul tren camilan baru. Jika  anda hobi masak atau hobi menikmati cemilan kue atau roti, sayang jika tidak dimanfaatkan untuk memulai usaha bisnis kue atau roti skala rumahan. Memulai bisnis ini mulailah dari beberapa tips berikut :

Tips Memulai Usaha Toko Kue atau Roti

Buat Daftar Perlengkapan

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar bahan dan alat apa saja yang akan Anda gunakan dalam membuat suatu produk cake and bakery. Tepung terigu, telur, gula, margarine, baking powder, dan ragi adalah bahan-bahan yang sering digunakan dalam membuat cake dan bakery. Bahan tersebut adalah bahan yang umum digunakan dan tidak memerlukan ijin khusus. Namun, jika Anda ingin menggunakan Bahan Tambahan Pangan (BTP), gunakan bahan yang telah mendapatkan izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Buat Konsep Bisnis

Konsep bisnis merupakan salah satu hal penting yang harus Anda pikirkan sebelum memulai bisnis. Dalam hal ini, Anda harus menentukan apakah Anda ingin menjual berbagai macam produk cake and bakery dengan display produk atau hanya fokus menjual berdasarkan pesanan pelanggan. Hal ini menentukan apakah Anda harus menyewa tempat atau cukup hanya dengan memproduksi cake and bakery di rumah sendiri.

Berikan Tester atau Sampel

Sebelum memasarkan ke target yang lebih luas, Anda bisa mencoba untuk memberikan tester cake and bakery kepada orang terdekat seperti keluarga, teman, ataupun tetangga sekitar rumah. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pemasaran secara gratis dari mulut ke mulut. Tapi perlu diingat, buatlah produk cake and bakery dengan kualitas yang baik dan cobalah buat tampilan semenarik mungkin. Dengan begitu, orang yang mendapatkan tester akan senang hati mempromosikan produk Anda ke orang yang mereka kenal. Berilah tester secukupnya dan jangan berikan dengan jumlah yang berlebih.

Kesampingkan Keuntungan

Pada awal memulai bisnis, cobalah untuk tidak terlalu mengutamakan keuntungan besar. Yang seharusnya Anda pikirkan adalah bagaimana caranya bisnis dapat berdiri dan berjalan dengan baik. Namun perlu diingat, tidak mengutamakan keuntungan bukan berarti harus merugi, tapi utamakan untuk kepentingan produksi, salah satunya dalam menentukan harga jual. Di awal permulaan bisnis, Anda tidak perlu memberikan harga yang tinggi, yang terpenting adalah menutupi biaya produksi yang Anda keluarkan. Ketika produk telah dikenal banyak orang, Anda bisa mulai mengatur ulang harga jual sesuai rencana awal.

Berikan Inovasi Produk

Dalam menjalankan bisnis cake and bakery, produk dengan rasa lezat bukanlah satu-satunya hal terpenting. Inovasi adalah salah satu hal penting lainnya yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan suatu bisnis kuliner cake and bakery. Dengan adanya inovasi, produk Anda memiliki satu nilai jual tersendiri, apalagi jika Anda dapat membuat inovasi unik yang belum pernah diberikan oleh kompetitor bisnis. Di mana, produk yang memiliki daya tarik tersendiri dapat menarik pelanggan dengan mudah. Namun, dalam membuat inovasi baru, jangan pernah untuk mengesampingkan kualitas produk yang telah ada. Karena kualitas yang buruk dapat membuat pelanggan kecewa dan meninggalkan produk Anda.

Segera Realisasikan

Jika Anda telah menemukan ide bisnis cake and bakery, segera realisasikan ide tersebut. Banyak orang yang gagal merealisasikan bisnis hanya karena khawatir akan mengalami kegagalan bisnis. Hal ini wajar terjadi, terutama bagi pengusaha pemula. Namun, jangan jadikan kekhawatiran menjadi alasan untuk tidak memulai bisnis, karena tidak ada yang tahu apa yang terjadi di masa datang. Jika Anda mundur sebelum mulai, itu sama dengan menyerah dan menghalangi kesuksesan datang menghampiri. Jadi segera realisasikan ide bisnis Anda dan kembangkan dengan kreativitas dalam membuat inovasi bisnis.

Gunakan Sistem keuangan

Setiap bisnis selalu berhubungan dengan pemasukan dan pengeluaran, untuk mengetahui seberapa besar omset dan berapa besar pengeluaran jangan menggunakan cara manual untuk mencatatnya. Gunakan lah sistem keuangan atau software akuntansi. Dengan menggunakan software akuntansi banyak manfaat yang bisa dirasakan karena merupakan sebuah investasi jangka panjang. artinya manfaatnya bisa rasakan Lama. Keuntungan mengguanakan software akuntansi tidak sebatas mencatat uang masuk dan keluar, bisa berhungan dengan persediaan, pembelian dan penjualan, dan memudahkan untuk mencetak invoice atau kwitansi setelah mencatat penjualan

Baca juga : Software kasir canggih sampai ke Laporan Keuangan